Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

24 Jan 2017

10 Pengaruh Pencemaran Udara Terhadap Kesehatan

Udara memang menjadi salah satu sumber kita untuk tetap bisa bernapas. Akan tetapi, bagaimana jika udara tercemar? Apa pengaruh pencemaran udara terhadap kesehatan manusia?

Perlu kamu ketahui sebelumnya, apa itu udara? Udara lebih merujuk kepada campuran gas yang ada pada permukaan bumi. Udara tidak akan bisa tampak oleh mata alias tak terlihat, tidak berbau dan tidak memiliki rasa sama sekali.

Adanya udara ini hanya bisa dilihat oleh angin yang mampu menggerakkan benda yang ada di sekitar kita. Udara memang termasuk ke dalam salah satu jenis sumber daya alam, karena udara memiliki begitu banyak fungsi bagi makhluk hidup.

Jika kita pahami, jika semakin dekat dengan lapisan troposfer, maka udara juga menjadi kian menipis, sehingga melewati batas gravitasi bumi, maka udara akan hampa sama sekali.

Apabila makhluk hidup bernapas, maka kandungan oksigen menjadi berkurang, sedangkan kandungan karbondioksida bertambah. Di saat tumbuhan sedang melakukan proses fotosintesis, maka oksigen akan kembali dibebaskan.

Udara terdiri atas 3 unsur utama :
  1. Udara kering
  2. Uap air
  3. Aerosol

Kandungan udara kering itu ada :
  • 78% Nitrogen
  • 20% Oksigen
  • 0,93% Argon
  • 0,03% Karbondioksida
  • 0,003% Gas lain (Neon, Metana, Hidrogen, Ozon, Radon, Xenon, Kripton, Helium)

Uap air yang ada di dalam udara ini berasal dari evaporasi (penguapan) pada laut, danau, sungai dan tempat-tempat berair yang lain.

Sementara itu, Aerosol adalah benda yang memiliki ukuran kecil, seperti contohnya garam, sulfat, kalium, kalsium, nitrat, karbon dan partikel yang dihasilkan dari gunung berapi.

Sangat enak memang dan sangat sejuk jika kita bisa menghirup udara dengan bebas tanpa adanya polusi yang mengganggu, yang mencemari udara.

Akan tetapi, di era modern yang seperti sekarang ini, polusi udara menjadi salah satu masalah utama bagi keberlangsungan lingkungan bagi semua makhluk hidup. Hal ini dikarenakan juga semakin meningkatnya kendaraan yang berpolusi, dari motor, mobil, hingga truk-truk besar.

Jadi, bagaimana pengaruh pencemaran udara terhadap kesehatan manusia itu sendiri sebagai makhluk hidup? Sangat berdampak besar atau hanya sebagian kecil saja pengaruhnya bagi makhluk hidup, terutama manusia?


Pengaruh Pencemaran Udara terhadap Kesehatan

Pencemaran Udara

1. Menimbulkan Penyakit

Udara kotor yang dihasilkan itu ternyata mengandung zat-zat yang berbahaya, mulai dari zat-zat kimia, debu hingga membawa bibit-bibit penyakit.

Penyakit yang dihasilkan atau disebabkan oleh adanya pencemaran udara ini, antara lain seperti sesak napas, asma, atau tidak menutup kemungkinan juga bisa menyebabkan terjadinya kanker.

2. Membuat Mata Merah dan Iritasi

Debu yang beterbangan ini bisa masuk ke dalam mata, sehingga bisa membuat mata menjadi merah dan mengganggu penglihatan kita.

Sementara itu, untuk bisa menjaga mata agar tak terkena oleh adanya debu ataupun kotoran, di saat kita sedang melakukan perjalanan, sebaiknya untuk bisa mengenakan kacamata jalan dan setelah itu mencuci muka jika sudah sampai di tempat tujuan.

3. Gatal dan Bersisik

Jika debu menempel pada kulit, maka bisa menimbulkan beberapa macam gejala, sehingga kulit menjadi terasa gatal dan juga bersisik.

Usahakan, untuk tetap mandi secara teratur setiap hari, sehingga kulit tetap bersih, terawat dan sehat.

4. Iritasi pada Saluran Pernapasan

Dengan banyaknya debu-debu yang kotor dan kita hirup, tentu ini sangat tidak baik untuk kesehatan manusia.

Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, maka bisa menyebabkan pergerakan silia yang berubah menjadi lambat, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa terhenti, sehingga tidak bisa membersihkan saluran pernapasan.

5. Gangguan pada Pernapasan

Udara kotor yang mengandung karbondioksida dan gas beracun lainnya memang sangat berbahaya bagi sistem pernapasan pada manusia.

Udara kotor yang masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan ini juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi saluran pernapasan akut, seperti contohnya asma dan juga bronkitis.

Tidak menutup kemungkinan, apabila kita terkena udara yang tercemar secara terus-menerus, maka bisa berakibat sangat fatal, hingga ke kanker paru-paru.

6. Mengganggu Tumbuh Kembang Sang Anak

Di dalam udara kotor ada yang namanya kandungan timbal, yang apabila hingga masuk ke dalam salurna pernapasan anak, akan berdampak sangat berbahaya.

Bisa menyebabkan terjadinya penghambatan terhadap pertumbuhan dan perkembangan si anak tersebut. Timbal bisa mengganggu sel-sel yang sedang tumbuh di dalam tubuh anak.

7. Mengurangi Jarak Pandang

Hal ini bisa terjadi jika asap atau polusi terjadi dengan tebal.

Jika asap terjadi dengan tebal, maka bisa mengganggu penglihatan, yang secara otomatis bisa mengurangi jarak pandang.

Jika jarak pandang berkurang, salah satu solusinya adalah berjalan lebih hati-hati atau lebih pelan-pelan untuk menghindari dari yang adanya tabrakan atau kecelakaan.

Bahkan, tidak hanya kita sebagai manusia saja terganggu, aktivitas bandara juga terganggu bahkan bisa menimbulkan delay terhadap beberapa keberangkatan.

8. Penyebab Utama Terjadinya Pemanasan Global

Pemanasan global atau akrab kita kenal dengan nama global warming ini bisa mengakibatkan terjadinya peningkatan suhu bumi, yang juga menimbulkan air laut yang ikut naik.

Suhu bumi yang naik ini terjadi dikarenakan lapisan ozon bumi sudah rusak. Padahal, fungsi dari lapisan ozon ini berguna untuk menjaga suhu bumi, agar nantinya suhu bumi tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin.

Lapisan ozon bisa dengan mudah rusak akibat pencemaran udara yang dihasilkan dari zat CFC atau klorofluorkarbon. Zat ini sendiri bisa dengan mudah kita temukan di kulkas, AC (air conditioner) hingga aerosol.

9. Gangguan pada Sistem Reproduksi

Tidak hanya saluran pernapasan dan tumbuh kembang sang anak saja yang bisa terganggu, pencemaran udara juga bisa mengganggu sistem reproduksi.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga, tak hanya sistem reproduksi yang terganggu, melainkan beberapa organ lain seperti ginjal dan jantung juga bisa terkena.

10. Tanaman Terganggu Hingga Mati

Tanaman atau tumbuhan memang sangat baik bagi kelangsungan makhluk hidup yang lain. Tanaman bisa menghasilkan oksigen, sehingga jika kita hidup di dataran tinggi atau pegunungan, akan terasa sejuknya karena polusi udara di sana juga belum begitu banyak.

Akan tetapi, dengan adanya polusi udara atau pencemaran udara, tanaman juga bisa terserang penyakit. Penyakit itu mulai dari bintik hitam, klorosis, nekrosis dan beberapa penyakit lain.

0 Komentar 10 Pengaruh Pencemaran Udara Terhadap Kesehatan

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top