22 Jan 2017

Pengertian dan Pentingnya Harga Diri bagi Seseorang

Saat kita bersosialisasi dengan masyarakat, atau saling berteman satu sama lain, pasti seringkali mendengar kata yang satu ini, harga diri. Terlebih jika dalam percakapan sehari-hari, kita bisa dengan mudah menemukan harga diri.

Tidak saat hanya bercerita saja atau berinteraksi satu sama lain, kata tersebut juga bisa kita temukan pada buku-buku cerita, acara-acara televisi, hingga film yang kita tonton sesuai dengan umur kita.

Setiap orang pasti memiliki harga dirinya masing-masing. Ternyata, jika kita pikirkan baik-baik dan kita telaah lebih jauh, harga diri itu sangat penting bagi seseorang.

Membahas mengenai harga diri, lantas apa pengertian harga diri dan pentingnya harga diri bagi seseorang?

Harga Diri

Pengertian Harga Diri

Harga diri memiliki arti yang sama dengan kehormatan atau dengan martabat.

Lalu, saat kita mengatakan, "Aku memiliki harga diri", memiliki arti yang sama dengan "Aku memiliki kehormatan", dan sama dengan "Aku memiliki martabat".

Jadi, harga diri itu adalah sesuatu yang tak tampak oleh mata, yang merupakan pandangan keseluruhan dari individu mengenai dirinya sendiri.

Harga diri itu tak bisa kita lihat, seperti kita melihat benda-benda yang ada di sekitar pada umumnya. Kita tak akan pernah bisa mengetahui bagaimana rupa dari harga diri tersebut. Akan tetapi, walau kita tak bisa melihatnya, namun kita bisa merasakannya.

Sebagai contoh yang pertama, di saat kalian diejek oleh teman kalian sendiri. Bagaimana rasanya? Tentu kalian akan merasa marah dan jengkel karena ulah teman kalian.

Mengapa bisa seperti demikian? Karena kalian merasa jika teman kalian itu telah merendahkan harga diri kalian. Nah, inilah yang bisa kalian rasakan akan harga diri saat diejek oleh teman kalian.

Contoh yang kedua, di saat kalian mendapatkan nilai yang bagus saat ulangan. Nantinya, tentu kalian akan merasa bangga dengan raihan tersebut. Prestasi inilah yang bisa menunjukkan harga diri kalian.

Memang, sudah sepantasnya, kita sebagai seorang manusia bersyukur terhadap apa yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Kuasa. Mengapa? Karena, sebagai manusia, kita sudah dibekali oleh akal, perasaan, budi pekerti, hingga harga diri yang melekat pada diri masing-masing.

Sementara itu, berbeda dengan manusia, makhluk hidup lain seperti hewan, tumbuhan dan ciptaan Tuhan yang lain tak seperti manusia, yang telah dianugerahi beberapa kelebihan.

Manusia hidup dengan norma yang berlaku di masyarakat. Manusia juga memiliki harga diri yang tetap harus bisa dijunjung dengan tinggi sehingga tak dilecehkan oleh orang lain.

Penasaran jika hewan tidak memiliki harga diri? Berikut contohnya.

Salah satu contohnya adalah monyet. Monyet pasti tidak akan merasa jengkel, walaupun dirinya diejek oleh monyet yang lain. Monyet masih tetap tenang walau diolok-olok. Hal ini dikarenakan, monyet tak memiliki harga diri seperti halnya manusia.

Tidak hanya hewan saja, tumbuhan pun sama seperti hewan. Contoh kecilnya adalah rumput. Rumput tidak akan merasa marah walaupun dirinya diinjak-injak. Rumput tak akan pernah berontak walaupun dibabat habis oleh manusia. Rumput juga tidak akan menuntut apabila dirinya dimakan oleh hewan-hewan ternak.

Pentingnya Harga Diri

Memang, sekali lagi kita tegaskan di sini jika harga diri memang tidak tampak, tidak terlihat. Namun, harga diri ini bisa kita rasakan.

Lantas, apa pentingnya harga diri bagi seseorang ataupun setiap orang?

Harga diri sangatlah penting. Karena, dengan adanya harga diri yang kita miliki, kita bisa dihormati oleh satu sama lain. Kita bisa menunjukkan, dengan harga diri, kita memiliki derajat yang sama di mata orang lain. Bahkan, orang juga tak segan untuk merendahkan harkat dan martabat yang kita miliki.

Maka dari itulah dengan adanya harga diri, seseorang atau setiap orang merasa dirinya untuk bisa dihormati, dihargai dan tidak ingin diejek, diolok-olok, apalagi diremehkan dan direndahkan oleh orang lain.

Dengan harga diri, kita bisa menjadi orang yang memiliki rasa percaya diri, tidak malu-malu, apalagi merasa takut. Kita akan menjadi orang yang pemberani.

Salah satu contoh kecilnya sebagai orang yang pemberani, ia akan berani saat maju di depan kelas, berani untuk berbicara di depan kelas, berani untuk mengerjakan soal di papan tulis, berani bernyanyi di hadapan teman-teman kelas, dan lain sebagainya yang ada di sekolah.

Harga diri seseorang atau yang kita miliki juga harus tetap kita jaga dengan baik. Salah satu contohnya ialah dengan cara berbuat baik satu sama lain.

Tentu, kita tidak ingin dipandang jelek atau buruk di mata orang lain. Maka dari itu, kita harus jaga kebaikan diri kita untuk tetap bisa berbuat baik, dengan seperti :
  1. Tidak menyontek saat ulangan
  2. Berkata sopan dan santun
  3. Tidak mengejek ataupun mengolok-olok orang lain
  4. Tidak mencuri barang milik teman
  5. Belajar dengan giat setiap hari

Itulah perbuatan baik yang terlihat di depan mata kita sehingga kita bisa menjadi orang yang baik dan bisa menolong harga diri kita.

Berbeda halnya jika kita menjadi orang yang jahat, memiliki niat jahat. Kita nantinya juga tidak akan disukai oleh teman. Teman-teman akan membenci diri kita.

Maka dari itu, tetaplah jaga diri kita karena harga diri itu sangatlah penting dalam kehidupan bermasyarakat agar tidak direndahkan orang lain dan agar kita bisa saling menghormati satu sama lain.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!

Wah! Orang-orang di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 850 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berpendapat!

Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

 
Admin - FAQ - Kontak Kami - Perjalanan - Privacy Policy - Tentang HabibullahURL
Back To Top