4 Feb 2017

Ternyata Ini Jawabannya, Kenapa Mata Menyala saat Difoto

Liburan memang menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. Dengan masa liburan ini, kita bebas untuk bermain, bersenang-senang dan tidak lupa untuk refresh otak.

Beberapa tempat yang unik dan asyik, tentunya yang sedang trend, tak luput untuk bisa menjadi salah satu destinasi liburan yang dilakukan. Entah mulai dari pantai, hingga dataran tinggi, rela dicari dan dikunjungi hanya untuk mendapatkan pengalaman, dan yang terpenting, untuk bisa memperoleh momen.

Foto memang menjadi salah satu trend di era modern ini. Terlebih, setelah mencuatnya atau merebak smartphone yang menggunakan sistem operasi android, pada beberapa tahun silam, kurang lebih 5 tahun sebelumnya adalah masa di mana android mulai diperkenalkan kepada publik.

Terlebih, dengan semakin majunya teknologi dari waktu ke waktu, salah satu fitur yang cukup diandalkan adalah fitur kamera pada smartphone. Kebanyakan, fitur inilah yang dicari untuk bisa mendapatkan hasil jepretan yang memuaskan saat berwisata atau untuk mendapat momen-momen penting yang berkesan dan tak boleh terlewat.

Akan tetapi, ternyata ada 1 permasalahan yang cukup mengganjal di dalam hati kita. Pasti, pertanyaan ini pernah terselip, kenapa mata menyala saat difoto? Kenapa mata merah saat difoto? Adakah jawabannya? Ada! Mari kita simak.

Alasan Kenapa Mata Menyala saat Difoto

Mata Menyala saat Difoto
Mata Menyala saat Difoto, via brilio.net

Jika saya, Anda maupun kita semua pernah mengalami kejadian tersebut, mata yang menyala seperti halnya mata kucing saat difoto ini disebut dengan fenomena yang bernama red-eye.

Biasanya, bisa dikatakan jika fenomena yang terjadi ini di saat melakukan suatu bentuk pemotretan pada waktu malam hari, dengan menggunakan blitz yang ada di dalam kamera itu sendiri. Atau, bisa juga dikatakan jika fenomena ini muncul jika Anda melakukan pemotretan di dalam ruangan yang kurang akan cahaya.

Biasanya, di dalam ruangan yang memiliki cahaya kurang, ambient mata rendah, sehingga membuat pupil mata menjadi membesar sehingga cahaya lebih banyak masuk ke dalam mata.

Mata Menyala saat Difoto
Mata Menyala saat Difoto, via Brightside

Nah, saat kita difoto dengan mode blitz yang ada, maka lampu kilat akan masuk ke dalam mata, hingga ke bagian belakang bola mata yang mana berisi pembuluh darah di dalamnya. Maka dari itu, ini yang menjadi penyebab warna merah yang akan memantul kembali keluar dan akhirnya tertangkap oleh kamera.

Tidak hanya itu saja, fenomena red-eye ini sendiri juga bisa dipengaruhi oleh adanya tingkat refleksi masing-masing, ukuran pupil, serta warna asli mata manusia itu sendiri. Bahkan, warna yang keluar juga terkadang berwarna merah menyala, namun juga ada yang menyala seperti halnya lampu saja.

Bagaimana Cara Mengurangi Red-Eye?

Perlu Anda ketahui lagi, untuk mengurangi red-eye ini sendiri, cukup mudah, karena sudah banyak kamera yang mempunyai fitur "red eye reduction". Jadi, bisa diatur dengan mudah di dalam gadget yang dimiliki.

Jika ingin cara lain untuk menyiasatinya, Anda bisa melihat sinar bola lampu yang ada di sekitar, sesaat sebelum melihat ke arah kamera.

Biasanya, jika hasil foto yang membuat mata menyala ini terlihat tidak menarik untuk dilihat. Sehingga, bisa dikatakan akan mengganggu hasil foto yang telah didapat, momen yang bagus itu dalam sekejap akan sirna hanya kesalahan kecil yang cukup fatal ini.

Jangan lupa, untuk membuat hasil jepretan yang sempurna, dibutuhkan juga angle yang sempurna, gaya yang pas, serta apapun yang bisa melengkapi kebutuhan foto Anda. Jangan takut, foto dengan smartphone juga tak kalah apik dengan kamera sekelas DSLR jika Anda paham tekniknya.

Itulah alasan mengapa mata bercahaya saat terkena flash kamera, sebisa mungkin untuk bisa kita antisipasi dan pelajari mulai dari sekarang, untuk hasil foto yang lebih memukau.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!

Wah! Orang-orang di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 850 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berpendapat!

Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

 
Admin - FAQ - Kontak Kami - Perjalanan - Privacy Policy - Tentang HabibullahURL
Back To Top