Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

12 Feb 2017

Macam-macam Gerakan Berjalan dan Tujuannya

Gerakan berjalan merupakan suatu bentuk menggerakkan kaki maju ke depan, dalam posisi yang benar secara bergantian.

Kegiatan berjalan ini sendiri menjadi salah satu gerakan yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang di seluruh dunia. Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan berjalan ini. Tidak hanya untuk bisa mencapai ke suatu tempat tujuan, namun dengan berjalan ini bisa membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

Gerakan berjalan itu sendiri nyatanya berbeda-beda tergantung pada tujuan yang memang kita inginkan sebelumnya.

Sementara itu, kita lihat di era modern seperti ini, sepertinya semakin sedikit orang yang berjalan di luar sana. Hanya saja, mereka berjalan untuk mendapatkan sesuatu saja.

Tidak hanya sudah jarang yang berjalan, rata-rata juga sudah jarang yang melakukan aktivitas bersepeda. Padahal, kedua olahraga ini bisa terbilang sangat baik bagi tubuh, karena bisa membakar kalori.

Disarankan memang, di era modern seperti ini, era yang sudah semakin canggih, sempatkan waktu minimal setengah jam untuk bisa berjalan. Hal ini bahkan terbilang sangat mudah, mengapa?

Kalian bisa berjalan menuju kantin, menuju ke perpustakaan, menuju ke ruang guru, menuju ke lapangan dan masih banyak lagi yang lain. Sempatkan untuk bisa berjalan, jangan hanya diam duduk saja di dalam kelas. Mengapa? Karena duduk terlalu lama juga tidak baik bagi tubuh.

Jika kita lihat lebih dalam, berjalan itu memiliki manfaat yang luar biasa. Jika berjalan saja tidak mau, bagaimana jika dengan bersepeda hingga berlari?

Bisa juga kalian membuat agenda jika setiap hari libur di pagi hari, sekitar pukul 5 pagi, yang mana udara masih segar, polusi udara masih sedikit, bisa kalian manfaatkan untuk berolahraga, salah satunya dengan berjalan. Tentu tubuh kita akan sehat dan bugar.

Membahas mengenai manfaat berjalan ini, lantas pengertian dan macam-macam gerakan berjalan itu apa saja? Apa manfaat dan tujuannya di dalam penjaskes (olahraga) kelas 3 Sekolah Dasar ini?

Gerakan Berjalan

Berjalan

1. Berjalan di Tempat

Sudah dijelaskan di atas jika pengertian dari berjalan adalah kegiatan yang dilakukan oleh kita sebagai manusia untuk bisa mencapai tujuan tertentu atau untuk mencapai ke suatu tempat. Gerakan jalan di tempat ini tentu sangat berbeda dengan jalan berpindah tempat.

Dengan adanya gerakan berjalan di tempat ini, memiliki tujuan untuk melatih gerakan kaki. Jalan tempat ini biasa digunakan dalam latihan baris-berbaris.

Jika bisa dilakukan di dalam suatu regu, maka kekompakan tim sangat diperlukan agar semua gerakan tersebut serasi dalam melatih kebersamaan.

Latihan ini sendiri bisa dipraktikkan dengan mudah, sesuai dengan petunjuk yang ada berikut ini :
  • Berdiri tegak
  • Pandangan lurus ke depan
  • Tangan dikepalkan di samping badan
  • Angkat kaki kanan dan kiri secara bergantian

2. Berjalan dengan Langkah Tegap

Berjalan dengan langkah tegap ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, biasa dilakukan oleh Pramuka, Polisi dan TNI. Jalan tegap ini sendiri juga biasa digunakan pada latihan baris-berbaris.

Tujuan dari adanya latihan berjalan dengan langkah tegap ini untuk bisa melatih kedisiplinan. Jarak langkah sangat diperlukan pada latihan ini. Di dalam latihan beregu, kebersamaan langkah juga menjadi hal yang begitu diperlukan.
Maka dari itu, bisa dikatakan kita harus bisa kompak untuk bisa menjaga langkah.

Cara melakukan gerak ini adalah dengan cara :
  • Badan berdiri dengan tegap dengan dada yang dibusungkan
  • Pandangan lurus ke depan
  • Pada sikap awal, kedua tangan dikepalkan di samping badan
  • Langkahkan kaki dengan dimulai dari kaki kiri, lalu diikuti dengan kaki kanan
  • Ayunkan lengan berlawanan arah dengan langkah kaki

3. Berjalan dengan Saling Berpegangan Tangan

Pernahkah kalian melihat 2 orang yang akan menyeberang jalan?

Penyeberang jalan tersebut keduanya pasti akan saling berpegangan tangan. Walaupun mereka tidak saling kenal satu sama lain, terkadang secara tanpa sadar, para penyeberang itu saling berpegangan tangan satu sama lain.

Apabila menyeberang jalan tidak dengan berpegangan tangan, maka bisa terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Sehingga, dengan adanya kekompakan inilah yang sangat diperlukan.

Kekompakan ini sendiri bisa diatasi dengan mudah caranya latihan berjalan bergandengan tangan.

Di dalam pelajaran ini, nantinya kalian akan mempelajari berjalan bergandengan atau berpegangan tangan yang memiliki tujuan tidak hanya untuk kesehatan, namun juga untuk kekompakan dan juga toleransi.

Bergandengan tangan ini sendiri tentu dilakukan oleh lebih dari 1 orang. Maka dari itu, untuk bisa melakukan latihan, harus dilakukan dengan beregu.

0 Komentar Macam-macam Gerakan Berjalan dan Tujuannya

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top