Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

7 Feb 2017

5 Perilaku yang Mencerminkan Harga Diri Seseorang

Setiap orang pasti mempunyai harga dirinya masing-masing. Perlu kita ketahui sebelumnya, apabila kita memikirkannya baik-baik, menelaahnya lebih jauh lagi, bisa diartikan atau disimpulkan jika ternyata harga diri itu sangat penting bagi setiap orang.

Pengertian harga diri itu sendiri memiliki arti yang sama dengan martabat atau dengan kehormatan. Beberapa perilaku yang mencerminkan harga diri seseorang atau setiap orang juga ada.

Di saat kita mengatakan kepada orang lain, "Aku itu mempunyai harga diri", maka memiliki arti atau makna yang sama dengan "Aku itu mempunyai martabat", sama pula dengan "Aku itu mempunyai kehormatan".

Maka, bisa diambil salah satu kesimpulan di sini, yang mana harga diri merupakan segala sesuatu yang memang tidak tampak oleh mata (tak kasat mata), yang merupakan suatu bentuk pandangan keseluruhan dari individu mengenai dirinya sendiri.

Harga diri memang tak pernah bisa untuk kita lihat. Akan tetapi, walau tidak bisa dilihat oleh siapapun, bahkan oleh kita sendiri, kita masih bisa tetap merasakan akan adanya harga diri di dalam setiap pribadi manusia.

Sudah sepatutnya atau sudah sepantasnya, kita sebagai manusia yang merupakan makhluk hidup, bersyukur kepada Allah SWT, karena sebagai seorang manusia, kita dibekali oleh adanya akal, budi pekerti, perasaan, bahkan hingga harga diri yang memang sudah melekat pada diri kita masing-masing, dan tak bisa diganggu gugat oleh siapapun, termasuk oleh orang lain.

Berbeda dengan manusia, beberapa makhluk hidup yang lain seperti contohnya tumbuhan dan binatang, yang memang masih ciptaan dari Tuhan yang Maha Kuasa, namun mereka berbeda. Ya, kelebihan akan akal pikiran hanya ada pada manusia saja.

Lantas, sudah berbicara banyak mengenai harga diri ini, sebenarnya, apa saja perilaku yang mencerminkan harga diri setiap orang? Mari kita simak baik-baik di bawah ini.

Perilaku yang Mencerminkan Harga Diri

Harga Diri

1. Percaya Diri

Percaya diri itu memiliki arti berjiwa pemberani, tidak minder akan yang dialami, serta terus tetap yakin akan kemampuan yang dimiliki oleh dirinya sendiri. Sikap ini harus dimiliki oleh setiap orang dan harus bisa untuk selalu dipupuk atau ditanamkan di dalam jiwa.

Dengan demikian, jika sudah begitu, maka kalian tak akan merasa rendah diri.

Sementara itu, jika melihat contoh sikap hasil dari percaya diri itu sangat banyak.

Beberapa diantaranya seperti :
  • Selalu bersungguh-sungguh dan tidak menyontek dalam mengerjakan soal ulangan
  • Berjiwa pemberani jika tampil di depan kelas, berbicara kepada seluruh anggota kelas
  • Berani menjawab pertanyaan yang Bapak/Ibu Guru berikan
  • Berani dalam memimpin teman-teman dalam kebaikan dan hal-hal yang positif

Itulah beberapa contoh kecil yang dihasilkan dari sikap percaya diri yang dimiliki oleh setiap insan manusia. Masih banyak lagi contoh lain yang bisa kalian cari.

2 Menghargai Orang Lain

Barang siapa yang berbuat, pasti akan mendapatkan balasannya.

Barang siapa ia ingin dihargai oleh orang lain, maka ia juga harus bisa menghargai orang lain. Memang harus begitu kawan!

Cara menghormati orang lain itu salah satunya seperti dengan cara mengakui keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oleh orang lain. Kita sendiri sama sekali tidak diperbolehkan untuk merendahkan orang lain.

Kita juga tidak boleh untuk meremehkan orang lain. Karena, setiap ada kekurangan pasti ada kelebihan. Ya, masing-masing orang tentu memiliki kelebihannya sendiri, yang belum tentu ada pada diri kita.

Ingat! Dengan merendahkan orang lain juga tidak membuat kita menjadi lebih tinggi. Kita juga tidak akan menjadi lebih pandai.

Akan tetapi, jika kita meremehkan orang lain, maka kita adalah salah satu orang yang sombong. Sikap sombong merupakan salah satu contoh dai sikap yang tercela atau hal-hal yang negatif.

Oleh karena itu, orang yang memiliki sikap sombong tidak akan disukai oleh siapapun, terutama teman yang akan berubah membenci orang yang bersikap sombong.

3. Selalu Bersikap Rendah Hati

Contoh yang ketiga atau contoh lain dari menghargai diri sendiri ialah dengan cara bersikap rendah hati.

Hati-hati, rendah hati itu beda dengan rendah diri. Rendah diri berarti orang tersebut adalah sosok orang yang minder, menganggap orang lain jauh lebih mampu dibandingkan kita, lebih unggul serta lebih pandai dibandingkan kita sendiri.

Berbeda dengan rendah hati yang merupakan salah satu contoh sikap yang tidak menunjuk-nunjukkan akan keunggulan diri yang dimiliki. Rendah hati itu bisa dikatakan kebalikan dari sikap sombong. Orang yang rendah hati sangat hormat dan sangat menghargai orang lain.

Sebaliknya, orang yang sombong adalah orang yang tak pandai untuk menghargai orang lain.

Sudah paham kan perbedaan antara rendah diri dan rendah hati yang ternyata sangat berbeda antara keduanya?

Dengan cara bersikap rendah hati, maka tak akan membuat kira menjadi rendah di mata orang lain. Rendah hati juga tak akan membuat kita menjadi orang yang selalu diremehkan.

Melainkan, dengan sikap rendah hati yang kita miliki dan kita kembangkan, maka bisa membuat orang hormat kepada diri kita. Yang menjadi salah satu alasannya adalah kita tidak menjadi orang yang angkuh dan juga sombong.

Rendah hati membuat kita menjadi lebih disukai di mata orang lain. Termasuk, sikap rendah hati salah satunya ialah dengan mengakui kekurangan dari diri sendiri. Dengan cara mengakui kekurangan diri, kita tak akan pernah untuk berhenti belajar.

Kita pasti akan tertantang dan mencoba untuk terus tetap belajar dan belajar, hingga kemampuan yang kita miliki menjadi terasah. Dengan cara seperti ini, maka kita akan menjadi salah seorang yang pandai dan unggul.

Orang yang rendah hati tentu jelas akan mengakui setiap kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh orang lain. Dengan mengakui keunggulan yang dimiliki orang lain tersebut, berarti jika dirinya juga menghargai orang lain.

Maka, bisa disimpulkan jika dengan menghargai orang lain, juga bisa menghargai diri sendiri. Sudah paham?

4. Menjaga Nama Baik

Untuk terus tetap bisa menjaga harga diri, kita juga harus pandai dalam menjaga nama baik.

Caranya itu cukup mudah dengan menghindari segala bentuk perbuatan atau tindakan yang tercela. Semua perilaku atau tindakan yang tercela sudah tertera dengan jelas pasti bisa menurunkan harga diri kita.

Beberapa contohnya perilaku yang tercela itu seperti :
  • Menyontek saat ulangan
  • Mencuri barang-barang milik teman
  • Tidak pernah jujur alias selalu berbohong kepada orang tua
  • Mengkhianati teman sendiri
  • Menghina orang lain
  • Memfitnah orang lain

Masih banyak lagi contoh perilaku tercela, yang tak boleh ditiru dan tak boleh diterapkan. Semuanya itu harus sebisa mungkin untuk kita jauhi. Karena, perbuatan di atas itu adalah termasuk ke dalam perbuatan yang tercela dan bisa menurunkan harga diri kita.

Jika kita masih ngotot dan masih ingin tetap melakukan perbuatan yang tercela tersebut, maka orang lain juga tak akan menghargai kita. Mereka pasti akan berusaha untuk tidak menghormati diri kita, dan mereka nantinya tak akan menyukai keberadaan kita.

5. Bertanggung Jawab

Mengemban tanggung jawab bukanlah perkara yang mudah.

Jika kita memiliki tanggung jawab untuk melakukan sesuatu atau dititipi sesuatu, maka sebisa mungkin untuk harus bisa kita jaga.

Karena, orang yang bertanggung jawab itu tentu akan selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya. Nantinya, jika orang tersebut berhasil mengemban tanggung jawab yang diberikan, maka akan bisa dihormati dan lebih dipercaya oleh orang lain.

Misal kita dititipi uang oleh teman sebesar Rp 10.000. Maka tugas dan tanggung jawab kita adalah bagaimana sebisa mungkin uang titipan milik teman itu harus bisa tetap kita jaga dan tidak hilang.

Semua cara tentu akan dilakukan untuk menjaga uang tersebut. Karena mengingat, uang itu bukanlah uang kita yang bisa kita gunakan seenaknya sendiri, semaunya sendiri, melainkan uang itu adalah uang titipan dari teman yang harus kita jaga.

Jika uang itu hilang tanpa sebab, maka kita yang akan rugi. Karena, kita nantinya tidak akan dipercaya lagi untuk menjadi orang yang bertanggung jawab. Dititipi uang saja hilang, bagaimana jika hal yang besar, yang bisa menimbulkan celaka orang lain?

Beda halnya jika kita bisa menjaga uang titipan tersebut, maka kita adalah sosok orang yang juara, hebat dan segalanya! Kita mampu menjaga barang yang bukan milik kita, namun tetap kita jaga. Sikap seperti inilah yang harus bisa kita berikan apresiasi.

Maka, dengan bertanggung jawab inilah, kita juga bisa lebih dekat dengan teman dan teman bisa lebih mempercayai kita karena kita adalah sosok orang yang jujur.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
Author Profile

About Habibullah Al Faruq

6 tahun menuntut ilmu di SDN, 3 tahun memperluas wawasan di SMPN, 3 tahun lagi menggali jati diri di SMKN dan kini menjadi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, jurusan Teknik Informatika.

0 Komentar 5 Perilaku yang Mencerminkan Harga Diri Seseorang

Post a Comment

Wah! Orang-orang di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 850 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berpendapat!

Back To Top