Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

10 Apr 2017

13 Manfaat Istirahat bagi Tubuh Kita, Sangat Baik!

Istirahat dan tidur yang cukup ternyata mampu mempengaruhi kesehatan, berat badan, hingga mood seseorang. Manfaat istirahat bagi tubuh kita terasa saat kita mengerjakan berbagai aktivitas/kegiatan yang cukup melelahkan.

Memang saat masih kecil, mungkin Anda merasa kesal dan sering membantah apabila disuruh tidur siang oleh orang tua. Akan tetapi, setelah kini menjadi dewasa, waktu tidur justru menjadi salah satu momen yang paling berharga dan paling dinanti-nanti. Ternyata, tidur tak hanya menghilangkan rasa kantuk, namun juga sangat baik bagi kesehatan jiwa dan raga.

Dengan tidur yang cukup inilah maka tubuh bisa kembali segar setelah lelah beraktivitas seharian penuh. Tidak hanya menjadi rutinitas yang dilakukan dalam kehidupan, tidur ini sendiri juga menjadi salah satu kebutuhan harfiah seseorang, karena saat tidur tersebut seseorang mengistirahatkan tubuh dari berbagai macam beban kegiatan yang ada.

Tidur atau istirahat yang cukup akan sedikit memberikan waktu terhadap organ tubuh, seperti contohnya fungsi otak yang mana otak dipaksa terus berpikir selama lebih dari 15 jam. Otak selalu bekerja keras setiap harinya. Tidak hanya itu saja, anggota gerak juga pasti akan bekerja setiap hari.

Tidak sedikit manfaat istirahat cukup bagi tubuh. Salah satunya seperti penjelasan di bawah ini mengenai istirahat yang cukup.

Manfaat Istirahat yang Cukup bagi Tubuh Kita

Tidur

1. Tubuh Menjadi Jauh Lebih Sehat

Istirahat dan tidur memiliki peran yang amat penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Bahkan, jam tidur yang kurang, diduga mampu meningkatkan resiko terjadinya penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, detak jantung yang tak teratur, diabetes, hormon stres naik, stroke, hingga penyakit jantung.

Lantas, tahukah Anda jika istirahat alias tidur yang cukup mampu memberikan banyak pengaruh reaksi tubuh terhadap insulin, yakni hormon yang mampu mengontrol tingkat glukosa atau gula darah? Seseorang yang kurang tidur, membuat kadar gula darah yang dimiliki jauh lebih tinggi dari batas normal. Maka, hal tersebut berakibat jika kita bisa jadi jauh lebih rentan terkena penyakit diabetes.

2. Menjaga Berat Badan

Dengan Anda yang kurang waktu untuk tidur juga bisa meningkatkan resiko obesitas terhadap kalangan remaja dan kelompok usia yang lain. Ternyata, tidur mampu mempengaruhi tubuh dalam memproses dan menyimpan karbohidrat.

Caranya itu dengan menjaga hormon yang membuat diri kita menjadi lebih merasa lapar (ghrelin) atau merasa kenyang (leptin) yang tetap seimbang. Jika Anda memang tidak cukup waktu untuk tidur, maka hormon ghrelin tersebut akan naik, sedangkan hormon leptin yang ada di dalam tubuh menjadi turun. Pada akhirnya, kita juga bisa merasakan kelaparan.


3. Meningkatkan Suasana Hati

Kurang istirahat atau kurang tidur biasanya bisa membuat seseorang menjadi lebih cepat marah, tak sabaran, sulit dalam berkonsentrasi, stres, murung, hingga depresi. Tidak hanya itu saja, memiliki waktu tidur yang sedikit juga bisa membuat seseorang terlalu lelah melakukan hal yang diinginkan.

Hal ini sendiri memang cukup terbukti jika orang yang kurang tidur, cenderung akan jauh lebih malas. Hal ini dikarenakan, otak yang berpikir terlalu keras dan tubuh dalam kondisi lemah, yang tentu membutuhkan istirahat untuk kembali menyegarkan tubuh. Setelah beristirahat yang cukup, maka produktivitas bisa kembali tercipta dengan baik.

4. Mempertajam Daya Ingat

Kurang tidur atau kurang istirahat diduga bisa membuat diri kita menjadi jauh lebih pikun. Berdasar dari salah satu penelitian yang dilakukan, menunjukkan jika saat tidur, otak kita sedang memproses, memperkuat dan menggabungkan ingatan kita sepanjang hari. Lalu, jika dengan kurang tidur, ingatan yang muncul itu sulit untuk disimpan dengan benar dalam otak dan tiba-tiba saja bisa hilang.

Agar berbagai bentuk manfaat istirahat dan tidur di atas bisa kita peroleh dengan jauh lebih optimal, jangan lupa untuk tidur sesuai dengan jumlah jam yang memang disarankan.

Waktu tidur yang disarankan :
  • Orang dewasa, 7-9 jam dalam sehari
  • Remaja 14-17 tahun, 8-10 jam dalam sehari
  • Anak 6-13 tahun, 9-11 jam dalam sehari
  • Balita 3-5 tahun, 10-13 jam dalam sehari

Selain itu, biarkan anak yang berusia 2 tahun tidur malam 11 hingga 12 jam dengan tambahan tidur sebanyak 1 hingga 2 jam.

Bayi yang berusia 12 bulan tidur malam sebanyak 10 jam dan disertai dengan tidur siang selama 4 jam lamanya.

Yang terakhir, bayi yang baru lahir tidur sebanyak 14 hingga 17 jam sehari.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut dari penelitian yang telah dilakukan dengan melibatkan sebanyak 150 orang, dengan tidur selama 7 jam atau kurang dari 7 jam dalam sehari, bisa membuat diri kita jauh lebih rentan terserang berbagai macam penyakit.

Inilah penyakit gaya baru di era modern. Dengan berlama-lama melakukan kegiatan atau banyak melakukan aktivitas selama berhari-hari tanpa diiringi dengan waktu istirahat yang cukup, maka tubuh sulit untuk mengendalikan dan akhirnya, tubuh tak mampu mengontrol semuanya dan hingga akhirnya terserang oleh berbagai macam penyakit.

6. Terhindar dari Kecelakaan atau Cidera

Menurut dari seorang profesor psikologi, lelah yang tercipta dari kurang istirahat atau kurang tidur itu mampu meningkatkan resiko kita mengalami berbagai macam cidera atau kecelakaan pada rumah tangga.

Salah satu contohnya seperti teriris pisau, jatuh dari tangga, kecelakaan kendaraan (baik itu darat, laut dan maupun udara). Dengan kurang istirahat juga bisa saja menimbulkan kecelakaan yang tragis dalam skala yang lebih besar, seperti kebocoran reaktor nuklir, kecelakaan kerja, kecelakaan penerbangan, dan lain sebagainya masih banyak lagi.

7. Tetap Aktif dan Terjaga saat Siang Hari

Istirahat dan tidur yang cukup serta berkualitas bisa membuat diri kita menjadi lebih aktif selama sepanjang hari. Kurang tidur hanya 1 atau 2 jam dalam semalam saja bisa membuat diri kita seolah-olah kurang nyaman dan kurang merasa waktu tidur kita tak cukup.

Seseorang yang kurang tidur, cenderung produktivitasnya menurun di sekolah atau di tempat kerja. Mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan tugas, bereaksi secara lebih lambat alias tiba-tiba menjadi lelet dan tak jarang juga membuat berbagai macam kesalahan.

8. Pertumbuhan Berat Badan

Istirahat dan tidur yang cukup juga bisa membantu pertumbuhan beserta dengan perkembangan tubuh yang menjadi jauh lebih sehat. Tidur yang nyenyak memicu tubuh dalam melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan normal bagi kalangan anak-anak dan remaja.

Hormon inilah yang juga bisa membantu dalam melakukan perbaikan terhadap sel-sel beserta dengan jaringan, hingga mampu meningkatkan massa otot bagi anak-anak, remaja, atau dewasa. Tidak hanya itu saja, istirahat yang cukup juga memiliki peran yang cukup penting dalam pubertas dan kesuburan seseorang.

9. Waktu yang Baik untuk Membuang Racun

Racun yang mungkin saja terbawa masuk ke dalam makanan yang telah kita konsumsi, maka yang paling tepat dengan tidur yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membuang racun yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh kita.

Proses untuk mengeluarkan racun tersebut terjadi di malam hari dan pada waktu yang tertentu, sehingga jangan coba-coba untuk merusak atau mengacaukan waktu biologis tidur, sehingga proses untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh tidak terganggu.

10. Melancarkan Sistem Pencernaan

Di saat kita sedang tidur, organ pencernaan bisa dengan optimal bahkan maksimal dalam bekerja, terlabih bagi organ lambung. Lambung akan menguras isi lambung karena adanya gerak peristaltik beserta dengan getah pencernaan yang meningkat. Maka dari itu, disarankan, sebelum tidur di malam hari, Anda jangan mengonsumsi apapun.

Secara alami, asam lambung akan meningkat saat seseorang tidur. Jika lambung penuh dengan makanan, maka asam lambung yang tercipta akan jauh lebih banyak dan malah bisa mengakibatkan terjadinya penyakit maag. Untuk bisa menghindari hal tersebut, tidur 2 jam setelah makan, seminimal mungkin agar resiko bisa diminimalisir.

11. Lebih Segar

Semakin Anda cerdas dalam membagi waktu istirahat, maka Anda bisa merasa jauh lebih segar lagi. Hal ini akan memberikan banyak manfaat dari kegiatan yang akan Anda lakukan di waktu yang akan datang. Dalam keadaan segar, otak juga semakin jernih dalam berpikir dan memproses, sehingga kinerja otak jauh lebih optimal.

Tidak hanya lebih segar saja, tubuh juga bisa menjadi lebih sehat dengan melakukan istirahat yang cukup menjadi sarana bagi kita dalam merawat tubuh. Tetap jaga tubuh untuk beristirahat dengan teratur dan dalam jam yang disarankan, jangan tidur terlalu cepat dan jangan tidur terlalu lama.

12. Wajah Menjadi Lebih Cerah

Jika memang Anda mengamati secara lebih dalam, pasti raut muka orang yang segar dan orang yang kurang tidur sangat jauh berbeda.

Jika orang yang kurang tidur, maka mukanya tampak kusam dan lesu. Kurangnya bersemangat dalam beraktivitas, hingga malas untuk mengerjakan sesuatu, cenderung lebih banyak diam, hingga melamun.

Berbeda dengan orang yang tidur dengan waktu yang cukup, maka seseorang bisa jauh lebih ceria, di wajahnya tampak segar tak ada beban lagi. Dengan tidur yang cukup ini juga bisa membuat diri kita jauh lebih asyik saat diajak berbincang-bincang dengan teman-teman di sekolah maupun di kantor.

13. Panjang Umur

Terlalu banyak waktu tidur atau terlalu sedikit memiliki waktu tidur, dikaitkan dengan meninggalnya seseorang di usia dini, walaupun tak jelas apakah hal ini memang menjadi salah satu penyebab utamanya atau tidak.

Di dalam studi yang telah dilakukan pada tahun 2010 silam, terhadap perempuan yang berusia antara 50 hingga 79 tahun, ditemukan jika lebih banyak kasus meninggal terjadi pada mereka yang memperoleh waktu tidur kurang dari 5 jam untuk setiap malamnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Waktu Istirahat yang Optimal?

Sebenarnya, banyak cara untuk mendapatkan waktu istirahat yang optimal, sehingga kualitas diri bisa menjadi bertambah.

Salah satunya dengan diiringi oleh tidur siang. Walaupun tidur siang hanya 1 jam saja, atau bahkan 30 menit saja, bisa membuat tubuh kita jauh lebih bugar dan lebih produktivitas dalam mengembalikan kesediaan kita untuk tetap fokus dalam kegiatan yang akan dilakukan.

Hal ini sendiri salah satu contoh yang patut ditiru, karena beberapa negara di Eropa sudah mewajibkan karyawannya untuk tidur siang selama beberapa jam agar produktivitas dalam bekerja bisa kembali tercipta dengan maksimal dan otak yang jauh lebih segar cenderung berpikir lebih positif juga.

Selain dengan melakukan tidur siang, Anda juga bisa menerapkan waktu tidur di malam hari yang lebih dini. Misal dengan tidur pada pukul 8 malam, atau pada pukul 7 malam.

Tentu, jika ingin tidur pada waktu tersebut, disarankan untuk mengerjakan atau menyelesaikan semua kewajiban dan kegiatan terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan memanfaatkan momen tidur untuk tubuh bisa beristirahat, sehingga saat Anda bangun di pagi hari atau malah dini hari, Anda bisa jauh lebih segar dan lebih ceria.

Tidak hanya istirahat saja untuk mendapatkan hal yang positif di dalam diri, tetap jaga pola makan dan istirahat yang teratur sehingga semua itu tidak akan sia-sia dan kita sebagai manusia bisa memperoleh manfaat yang jauh lebih optimal dengan gaya hidup yang sehat ini.

0 Komentar 13 Manfaat Istirahat bagi Tubuh Kita, Sangat Baik!

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top