Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

6 Jul 2017

Penting! 7 Tugas dan Tanggung Jawab Admin Server

Bekerja sebagai seorang Admin Server (Administrator Server) menjadi suatu pekerjaan yang cukup menantang. Tugas dan tanggung jawab Admin Server tak boleh disepelekan begitu saja.

Mengapa dikatakan cukup menantang? Karena tanggung jawab seorang Admin Server bukan hanya membuat server saja, melainkan, Admin Server juga dituntut untuk bisa merawat server, sehingga server yang berjalan atau beroperasi tersebut bisa bekerja dan berkembang secara optimal sesuai dengan skala dan kebutuhannya masing-masing.

Mengingat, mengemban tugas sebagai Admin Server juga memiliki beban yang cukup tinggi. Menyoal mengenai tugas seorang Administrator Server, tentu berbeda tugas antara perusahaan yang satu dengan yang lain, atau instansi yang satu dengan yang lain.

Sementara itu, untuk lebih sederhananya, tugas utama seorang Admin Server ialah membangun, mengelola server dan memperbaiki server yang saat dijalankan terkadang ada masalah (trouble) yang muncul.

Seorang Admin Server harus bisa bekerja sebaik mungkin, bekerja semaksimal mungkin untuk membuat server tersebut bisa berjalan dengan optimal, lancar, melakukan perbaikan secara terjadwal agar tidak ada bug atau trouble, memastikan keamanan server secara berkala, serta membantu pekerja yang lain untuk menjaga keadaan server tetap optimal.

Tak hanya bekerja dengan mesin atau perangkat saja, Admin Server juga harus cekatan untuk melakukan interaksi atau bekerja sama dengan yang lain, baik itu pekerja sesama, supervisor atau yang lain sebagainya demi terciptanya server yang lancar saat digunakan oleh pengguna (user).

Melakukan suatu bentuk pemecahan terhadap masalah yang tengah terjadi, serta memberikan pelayanan terhadap pelanggan. Maka dari itu, seorang Administrator Server dituntut untuk lebih bisa bercakap (pandai berbicara) menjelaskan berbagai macam teknis kepada orang yang masih awam sekalipun.

Tidak hanya menjaga yang sudah ada, seorang Administrator Server juga harus bisa menambah software (perangkat lunak) atau melakukan suatu bentuk update (pembaharuan) yang tetap diupayuakan untuk bisa membuat server bekerja dengan optimal.

Menambahkan pengguna atau mengurangi pengguna, melakukan suatu bentuk pembaharuan (baik itu sistem atau keamanan), melakukan backup secara rutin agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, melakukan adaptasi terhadap teknologi terbaru, hingga melakukan konfigurasi sesuai dengan keadaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Server

Admin Server
Admin Server, via vccsystem.eu

1. Mengoperasikan Server

Hal ini tentu seringkali dilakukan oleh Administrator Server, yakni melihat dan mengoperasikan server.

Melakukan hal ini tentu ada alasannya. Biasanya, Admin Server mencoba untuk mengecek log aktivitas yang terjadi setiap client yang terhubung, apakah ada aktivitas yang mencurigakan atau tidak.

Tidak hanya dari sisi client saja, ada juga dari sisi luar, yang bisa saja memiliki niat jahat untuk diam-diam masuk ke dalam suatu jaringan tanpa diketahui atau tanpa identitas (anonim). Maka dari itu, seorang Admin Server harus bertindak cepat dan cekatan.

2. Melakukan Troubleshooting

Troubleshooting biasa dilakukan apabila ada kendala di tengah jalan atau hal fatal lain yang beresiko dan bersifat membahayakan terhadap suatu jaringan yang ada.

Jika ada kerusakan terhadap sistem atau apapun itu yang terjadi, maka harus langsung ditanggapi dengan cepat, troubleshooting. Sementara itu, apabila terjadi suatu tindak kecurigaan, maka akan dilakukan troubleshooting juga.

3. Mengecek Usia Software

Software memang memiliki karakteristik, yang sebagian besarnya pasti akan memberikan update, yang mana update ini berguna untuk kebutuhan penggunanya agar bisa dijalankan secara lebih baik dan pengguna bisa lebih puas.

Tentu, apabila ada update software, maka perlu dilakukan. Mengapa demikian? Tentu karena pada software versi lawas bisa dikatakan usang dan masih memiliki bug. Jadi, lebih baik diupdate agar bug tersebut hilang dan keamanan jauh lebih baik lagi.

4. Melakukan Backup Data

Backup sangat penting dilakukan, terlebih server itu memegang peranan penting atau peranan yang vital di dalam suatu jaringan. Jangan pernah terlambat untuk melakukan backup.

Hal ini dikarenakan, kita tidak tahu kapan ada serangan dari luar itu terjadi dan kapan komputer server akan mengalami crash. Alangkah baiknya untuk melakukan backup secepat mungkin untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Tidak hanya itu saja, apabila ada software yang akan diupdate, alangkah baiknya juga dilakukan backup data terlebih dahulu, agar nantinya data yang ada di dalam juga tetap terjaga dengan baik. Bisa saja kan, jika ternyata update software tersebut ternyata malah membuat server menjadi hang atau crash?

5. Melakukan Integrasi dengan Teknologi Baru (Optional)

Tidak hanya software saja yang perlu dilakukan update, integrasi terhadap teknologi baru juga perlu dilakukan. Hal ini juga mampu menunjang kebutuhan pengguna.

Jika memang memiliki budget rendah, tidak disarankan untuk membangun sebuah server dengan hardware yang terbilang sudah usang, karena tentunya akan berdampak pada penggunaan itu sendiri dan malah akan menambah beban, terutama biaya karena harus melakukan troubleshooting berkali-kali.

Jika memang sudah muncul teknologi baru dan perusahaan atau instansi sudah siap untuk melakukan upgrade, lakukanlah! Ini untuk menunjang kebutuhan pengguna yang lebih baik lagi.

6. Memanajemen Pengguna

Memanajemen pengguna itu juga sangat penting, terlebih jika bukan dalam kawasannya, maka hanya pengguna tertentu saja yang diizinkan.

Seorang Administrator Server bisa mengatur pengguna, seperti :
  • Menambah pengguna baru, atau
  • Menghapus pengguna lama

Beberapa macam alasan pasti muncul di mana akan ditambah pengguna baru atau akan dilakukan penghapusan demi kebijakan yang lebih baik lagi terhadap suatu perusahaan ataupun instansi.

7. Memastikan Keamanan Jaringan

Melindungi komputer yang berada di salam suatu jaringan komputer menjadi salah satu tugas yang amat penting. Keadaan jaringan komputer yang aman dan bisa berfungsi dengan baik harus tetap bisa dipastikan oleh Admin Server.

Komputer beserta dengan jaringan harus terproteksi dengan baik dari kemungkinan ancaman yang terjadi dari pihak lain yang memang pihak tersebut sama sekali tak memiliki hak akses atau bisa juga ancaman yang terjadi dari program jahat, seperti virus ataupun malware.

Pemilihan antivirus yang tepat dan mengatur hak akses dalam jaringan menjadi salah satu hak yang sangat mutlak yang dimiliki oleh Admin untuk menjalankan tugasnya dalam bidang ini.


Admin Server harus mampu menyesuaikan dengan keadaan yang terjadi, melihat kemampuan dari sisi server itu sendiri dan berusaha mengoptimalkannya. Melakukan segala bentuk perbaikan, mencari masalah yang kaitannya dengan server untuk kinerja yang jauh lebih baik lagi, melakukan pembaharuan terhadap software dan melakukan konfigruasi ulang untuk server.

Administrator tak hanya mampu melakukan pekerjaan prosedural, secara tetap dan statis. Kemungkinan, beberapa masalah yang terjadi pada server tentu berbeda-beda, sehingga seorang Administrator Server harus mampu menyesuaikan pemecahan masalah tersebut dengan keadaan yang terjadi.

Sebisa mungkin, harus mampu menalar, berpikir, apa yang harus dilakukan yang pertama kali dan bagaimana cara menanggulangi suatu masalah, agar tidak terjadi masalah lagi saat sedang memperbaiki masalah.

0 Komentar Penting! 7 Tugas dan Tanggung Jawab Admin Server

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top