Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

14 Oct 2017

Inilah 10 Prospek Kerja Administrasi Negara/Publik

Administrasi Publik (dalam bahasa Inggris : Public Administration) atau Administrasi Negara merupakan suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari sebanyak 3 elemen penting mengenai kehidupan dalam bernegara, yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif dan eksekutif, serta dengan berbagai macam hal yang memiliki kaitan dengan publik yang mana meliputi kebijakan publik, manajemen publik, administrasi pembangunan, tujuan negara dan etika yang mengatur penyelenggara negara.

Secara sederhana, administrasi publik merupakan ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana pengelolaan suatu organisasi publik. Kajian ini sendiri termasuk mengenai birokrasi, penyusunan, pengimplementasian, hingga pengevaluasian kebijakan publik, administrasi pembangunan, kepemerintahan daerah dan good governance. [1]

Seluk-Beluk Administrasi Negara/Publik

1. Deskripsi

Secara umum, Administrasi Negara (Public Administration) merupakan program studi yang mempelajari bagaimana cara dalam mengelola administrasi secara lebih spesifik, khususnya dalam mempelajari administrasi negara atau administrasi pemerintahan dan unsur-unsur yang ada di dalamnya.

Ilmu Administrasi Negara mempelajari mengenai seluruh proses yang dilakukan oleh suatu organisasi ataupun perseorangan, yang memiliki kaitan dengan suatu bentuk penerapan atau pelaksanaan hukum atau suatu peraturan yang dikeluarkan oleh badan legislatif, eksekutif serta peradilan, terutama bagaimana proses kebijakan itu bisa diterapkan.

2. Lingkup Pembelajaran

Bidang ini tak lepas dari yang namanya pengumpulan dan pengolahan data. Jurusan Administrasi Negara ini tak hanya mempelajari teori saja untuk saat ini, melainkan juga mempelajari bagaimana cara dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi beserta dengan komunikasi untuk bisa meneliti, menganalisa dan mampu untuk mencari solusi mengenai masalah implementasi kebijakan.

Contoh Mata Kuliah Administrasi Negara :
  • Organisasi dan Manajemen
  • Sistem Administrasi Negara
  • Administrasi Keuangan Negara
  • Administrasi Perpajakan
  • Teori Administrasi Negara
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Administrasi Pemerintahan Daerah
  • Etika Administrasi Negara
  • Analisis Kebijakan Publik [2]
  • dan lain sebagainya

3. Kompetensi

Lulusan dari program studi ini mempunyai kompetensi dalam hal pengelolaan dan manajemen organisasi publik, contohnya :
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Sistem Pemerintah Daerah
  • Perbendaharaan Negara
  • Manajemen Kinerja
  • Akuntansi Sektor Publik
  • e-Government
  • Desain Organisasi, baik untuk Instansi Pemerintah ataupun Swasta [3]

Sementara itu, masih banyak juga kompetensi dasar Sarjana Administrasi Negara yang lain, seperti :
  • Memiliki daya saing yang tinggi secara akademis ataupun moral.
  • Mengidentifikasi, menganalisis dan menangani masalah publik berdasar dari landasan metodologis.
  • Di saat sedang menangani suatu masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan dan mampu menjabarkan beragam solusi secara bertahap beserta dengan prioritasnya.
  • Membuat beragam terobosan dengan melalui pemikiran kreatif serta inovatif yang mana mampu memberdayakan peran serta masyarakat.
  • Bisa menggunakan konsep yang digunakan untuk menerangkan hal yang kurang jelas.
  • Bisa diajak dengan baik, secara mandiri ataupun berkelompok.
  • Bisa berkomunikasi dengan para pakar di bidang keahlian yang lain dan memanfaatkan bantuan yang mereka berikan.
  • Mampu memanfaatkan secara efektif berbagai bentuk sumber daya yang ada.
  • Bisa memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang administrasi negara.
  • Bisa mengikuti beragam perkembangan baru yang ada di bidang administrasi negara, melakukan banyak penelitian atau dengan mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
  • Berorientasi terhadap pemenuhan kebutuhan dan kepuasan warga. [4]

4. Gelar

  • Sarjana Ilmu Politik (S.I.P.), atau
  • Sarjana Ilmu Sosial (S.Sos.), atau
  • Sarjana Administrasi Publik (S.A.P.), atau 
  • Sarjana Ilmu Administrasi (S.I.A.)

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara/Publik

Administrasi Negara

1. Aparat Pemerintah/Pengurus Pemerintah Pusat atau Daerah

Terlibat aktif dan bekerja dalam menjalankan roda pemerintahan, baik itu dalam poros pusat atau jangkauan daerah, menjadi pekerjaan inti dari lulusan jurusan Administrasi Negara.

Menetapkan kebijakan pemerintah, mengatur jalannya pemerintahan dengan sebaik-baiknya dan menyediakan solusi dari pemerintah untuk permasalahan rakyat menjadi beberapa contoh kerja dari lulusan Administrasi Negara.

Maka dari itu, untuk menjadi anggota ataupun aparat dari suatu sistem pemerintahan, baik itu kecamatan, kelurahan, kabupaten atau bahkan kementerian pusat menjadi salah satu prospek kerja dari lulusan Administrasi Negara yang cocok atau paling tepat dan cukup menjanjikan.

2. Staf atau Anggota Legislatif Pusat Maupun Daerah

Berpikir secara strategis guna menentukan kebijakan pemerintahan, sudah ditanamkan dengan baik sejak awal bagi mahasiswa Administrasi Negara.

Selama melangsungkan kegiatan perkuliahan, tentu mahasiswa Administrasi Negara mempelajari banyak mengenai strategi yang terbilang khusus, guna membentuk pemerintahan yang efektif dan sejahtera untuk membangun rakyatnya.

Ada juga pihak yang memang mempunyai kewenangan untuk menyusun strategi dan menentukan kebijakan pemerintah secara inti, yang mana anggota legislatif bersama dengan para staf-nya.

Maka dari itu, memang sudah tak heran lagi jika lulusan mahasiswa Administrasi Negara bisa dikatakan sangat tepat untuk menjadi anggota legislatif, baik itu di dalam poros pusat ataupun di daerah.

Berbekal dengan keilmuannya di dalam bidang pemerintahan yang cukup baik, diharapkan jika lulusan administrasi negara ini mampu membawa rakyatnya menjadi orang yang jauh lebih sejahtera dengan roda pemerintahan yang dijalankan.

3. Aktivis LSM/Organisasi Masyarakat

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan lembaga yang secara sukarela mau memberikan pelayanan kepada masyarakat umum, tanpa harus mendapatkan keuntungan dari kegiatan yang dilakukan olehnya.

Kegiatan atau aktivitas yang biasanya dilakukan ialah membela masyarakat yang tertindas, membantu masyarakat tertinggal, yang mana pada intinya membantu untuk membangun masyarakat sehingga bisa hidup dengan ideal, sesuai dengan hukum yang berlaku.

Sama halnya dengan organisasi masyarakat atau yang biasa disebut dengan nama ormas. Organisasi masyarakat merupakan organisasi yang dibentuk dan dijalankan dengan memiliki basis terhadap masyarakat, yang mana tak memiliki tujuan politis dan dibentuk atas dasar dari beberapa kesamaan kepentingan di dalam suatu bidang, seperti contohnya pada bidang agama, pendidikan atau sosial masyarakat.

Dengan adanya LSM, dana organisasi kemasyarakatan yang perlu dijalankan dengan suatu struktur organisasi yang baik, mampu menjadi prospek kerja yang bagus untuk lulusan Administrasi Negara.

Lulusan dari Administrasi Negara ini banyak dibekali oleh bagaimana yang mampu menjadikan masyarakat lebih ideal dengan suatu bentuk kebijakan yang efektif, yang mana tepat untuk mengisi LSM atau suatu organisasi masyarakat yang jauh lebih aktif dan produktif. Keproduktifan dari lulusan jurusan inilah yang mana mampu membawa lulusan tersebut menjadi seorang aktivis.

4. Konsultan Pemerintahan

Jalannya roda pemerintahan tentu mengalami berbagai macam jenis hambatan yang sangat mengganggu. Agar hambatan tersebut bisa hilang dan kinerja pemerintahan bisa berjalan dengan baik seperti semula, maka hambatan dan berbagai macam masalah yang mengganggu juga harus segera dituntaskan.

Tugas memberikan solusi, masukan, atau bahkan merumuskan suatu strategi yang dirancang, sehingga pemerintahan bisa berjalan dengan baik, menjadi salah satu tugas dari seorang konsultan pemerintahan. Seringkali, konsultan pemerintahan sangat dibutuhkan peranannya dalam menangani berbagai macam masalah khusus di dalam suatu pemerintahan.

Menjadi konsultan pemerintahan tentu akan menjadi sangat tepat dan menjanjikan untuk lulusan Administrasi Negara. Karenanya, menjadi konsultan itu sangatlah membutuhkan strategi dan pemikiran kritis serta brilian guna membangun suatu bentuk pemerintahan yang jauh lebih baik, yang mana tentu harus dengan dilandasi oleh pengetahuan dan teori mengenai pemerintahan.

5. Asisten Peneliti

Menjalankan pemerintahan tentu mengalami berbagai macam kendala dan masalah yang dihadapi. Sama halnya dengan fenomena yang ditemui, khususnya yang ada di masyarakat, sebagai sasaran inti dari sistem pemerintahan tersebut.

Untuk mengatasi hal yang terjadi tersebut, biasanya para ahli pemerintahan akan melakukan suatu bentuk riset atau penelitian yang berguna untuk memecahkan suatu masalah yang sekiranya bisa memperbaiki kinerja dan roda pemerintahan yang dijalankan.

Dikarenakan cakupan pemerintah itu memang sangat luas, baik mencakup suatu kecamatan, kelurahan, daerah, kabupaten, provinsi, hingga negara, maka penelitian yang dilakukan tersebut biasanya berjalan atau berlangsung dengan besar-besaran. Semua itu dilakukan agar roda pemerintahan bisa berjalan secara berkesinambungan di dalam setiap lapisnya.

Tentu ia akan membutuhkan asisten peneliti untuk melakukan berbagai macam riset tersebut. Lulusan Administrasi Negara yang sudah dibekali teori pemerintahan yang baik, akan sangat tepat untuk bisa mengisi posisi yang satu ini.

6. Anggota Partai Politik

Salah satu penggerak roda pemerintahan antara lain partai politik. Tentu saja, politik memegang peranan yang besar di dalam menjalankan suatu pemerintahan.

Partai politik inilah yang juga bisa menjadi suatu wadah untuk siapa saja yang ingin menyalurkan aspirasinya, jika aspirasi sesuai dengan visi dan misi yang diemban oleh partai politik tersebut.

Menjadi anggota partai politik tentu harus bisa paham betul dan mengerti bagaimana pola pemerintahan yang digeluti di negara Indonesia ini.

Dengan cara terlibat aktif di dalam mewujudkan visi dan misi kebangsaan melalui partai politik, tentu menjadi salah satu prospek kerja untuk lulusan administrasi negara dengan menjadi anggota ataupun aktivis di dalam suatu partai politik.

7. Jurnalis Pemerintahan atau Politik

Lulusan dari Administrasi Negara tentu selalu dituntut untuk peka terhadap berbagai macam isu pemerintahan atau politik yang sedang hangat.

Lulusan Administrasi Negara juga sudah ditempa dengan sebaik mungkin untuk bisa menganalisa dan melaporkan, mengembangkan hingga memberdayakan yang hasilnya akan menjadi sebuah jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi pada suatu pemerintahan.

Kemampuan untuk bisa peka, mendata serta melaporkan di dalam ruang lingkup pemerintahan inilah yang tentunya sangat berguna untuk prospek kerja lulusan Administrasi Negara yang lain, yakni jurnalis.

Jurnalis memang memiliki tugas yang khusus untuk meliput berbagai macam berita dan fenomena mengenai politik dan pemerintahan, yang menjadi prospek kerja sangat menjanjikan untuk lulusan ini.

Pekerjaan ini juga bisa dikatakan sangat tepat, karena selain pintar dalam melakukan analisis, lulusan Administrasi Negara juga pasti sudah mampu untuk menguasai materi dasar dari fenomena politik atau fenomena pemerintahan yang diliput.

8. Tenaga Pendidik atau Dosen

Mempelajari dengan rinci atau detail serta menyeluruh tentang ilmu pemerintahan, menjadikan lulusan dari Administrasi Negara sangat menguasai seluk beluk dunia pemerintahan, baik itu dari segi teori ataupun praktis.

Dengan adanya pendalaman pengetahuan mengenai keilmuan yang dipelajari inilah, yang menjadi dosen atau tenaga pendidik dalam bidang ilmu pemerintahan juga menjadi salah satu prospek kerja menarik dari lulusan Administrasi Negara.

Dengan melakukan transfer ilmu terhadap orang lain mengenai suatu pemerintahan dan memiliki tujuan untuk bisa membangun secara bersama-sama, menjadi salah satu tugas mulia dari profesi dosen atau tenaga pendidik ilmu pemerintahan yang dinilai cukup menjanjikan.

9. Bekerja di BUMN

Tidak hanay di sektor pemerintahan saja, lulusan Administrasi Negara ini juga bisa bekerja di perusahaan yang mana banyak diantaranya terpakai di BUMN.

Karena memang BUMN itu perusahaan milik pemerintah, di mana akan begitu banyak hubungan bersama dengan pemerintah seperti halnya pajak dan lain sebagainya, maka kompetensi yang dimiliki oleh lulusan Administrasi Negara ini bisa bekerja di sektor keuangan dan perpajakan perusahaan BUMN.

10. Bekerja di Lembaga Keuangan

Lulusan Administrasi Negara juga memiliki prospek yang cukup bagus untuk bisa bekerja di lembaga keuangan, contohnya di Bank. Saat ini, Bank di negara Indonesia terus berkembang dan banyak sekali membutuhkan karyawan yang kompeten untuk bisa mengisi sektor keuangan.

Pada dasarnya, apa yang sudah dipelajari di program studi Administrasi Negara juga mempelajari keuangan, sehingga akan tak jauh berbeda dalam masalah penanganannya. [5]

Bisakah Lulusan Administrasi Negara Bekerja di Sektor Swasta?

Perusahaan swasta tentu saja tetap membutuhkan para lulusan dari jurusan Ilmu Administrasi Negara. Seperti yang telah dijelaskan di atas, lulusan Administrasi Negara ini mempunyai keterampilan untuk menganalisa dan mengevaluasi penerapan sebuah solusi.

Keterampilan inilah yang begitu penting untuk bisa membantu berbagai perusahaan yang bergerak di sektor swasta untuk menetapkan jalur yang akan ditempuh selanjutnya demi kemajuan di masa depan.

Apabila lulusan Administrasi Negara yang juga memiliki berbagai macam kelebihan lain, seperti menguasai lebih dari 1 bahasa asing, menguasai teknologi, dan lain sebagainya, tentu akan bisa meningkatkan prospek kerja kamu. Terlebih jika bisa dibarengi dengan pengalaman berorganisasi atau berbagai pengalaman yang lain yang sudah ditempuh saat kuliah.

Lihat Daftar Lengkap : Prospek Kerja Jurusan di Bangku Perkuliahan untuk Program Sarjana (S1)

Universitas Penyelenggara Jurusan Administrasi Negara/Administrasi Publik

*Data per bulan Oktober 2017 (diinput dari Ban PT)

S1 (Akreditasi A)

  1. Universitas Dr. Soetomo - Ilmu Administrasi Negara
  2. Universitas Terbuka - Ilmu Administrasi Negara
  3. Universitas Airlangga - Ilmu Administrasi Negara
  4. Universitas Lampung - Ilmu Administrasi Negara
  5. Universitas Sebelas Maret - Ilmu Administrasi Negara
  6. Universitas Sumatera Utara - Ilmu Administrasi Negara
  7. Universitas Muhammadiyah Makassar - Ilmu Administrasi Negara
  8. Universitas Pasundan - Ilmu Administrasi Negara
  9. Universitas Merdeka Malang - Ilmu Administrasi Negara
  10. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya - Ilmu Administrasi Negara
  11. Universitas Indonesia - Ilmu Administrasi Negara
  12. Universitas Wijaya Putra - Ilmu Administrasi Negara
  13. Universitas Hasanuddin - Ilmu Administrasi Negara
  14. Universitas Sriwijaya - Ilmu Administrasi Negara
  15. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar - Ilmu Administrasi Negara
  16. Universitas Pembangunan Veteran Jawa Timur - Ilmu Administrasi Negara
  17. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia - Ilmu Administrasi Negara
  18. Universitas Jember - Ilmu Administrasi Negara
  19. Universitas Nasional - Ilmu Administrasi Negara
  20. Universitas Tadulako - Ilmu Administrasi Negara
  21. Universitas Jenderal Soedirman - Ilmu Administrasi Negara
  22. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) - Ilmu Administrasi Negara
  23. Universitas Padjadjaran - Ilmu Administrasi Negara
  24. Universitas Riau - Ilmu Administrasi Publik
  25. Universitas Brawijaya - Ilmu Administrasi Publik
  26. Universitas Katolik Parahyangan - Ilmu Administrasi Publik
  27. Universitas Hang Tuah - Ilmu Administrasi Publik
  28. Universitas Diponegoro - Administrasi Publik

S2 (Akreditasi A)

  1. Universitas Gadjah Mada - Ilmu Administrasi Publik
  2. Universitas Merdeka Malang - Administrasi Publik
  3. Universitas Pendidikan Nasional - Administrasi Publik
  4. Universitas Padjadjaran - Administrasi Publik
  5. Universitas Sebelas Maret - Ilmu Administrasi Publik
  6. Universitas Brawijaya - Ilmu Administrasi Publik
  7. Universitas Indonesia - Ilmu Administrasi
  8. Universitas Jenderal Soedirman - Ilmu Administrasi
  9. Universitas Riau - Ilmu Administrasi
  10. Universitas Krisnadwipayana - Ilmu Administrasi
  11. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) - Ilmu Administrasi

S3 (Akreditasi A)

  1. Universitas Gadjah Mada - Ilmu Administrasi Publik
  2. Universitas Brawijaya - Ilmu Administrasi
  3. Universitas Indonesia - Ilmu Administrasi
  4. Universitas Padjadjaran - Ilmu Administrasi

0 Komentar Inilah 10 Prospek Kerja Administrasi Negara/Publik

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top