Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

30 Jan 2018

Harus Tahu! Ini 13 Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan

Jurusan atau program studi (prodi) Ilmu Pemerintahan, berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang bisa dikatakan sebagai ilmu yang mempelajari mengenai persoalan organisasi, manajemen, administrasi dan kepemimpinan dalam penyelenggaraan organisasi publik atau badan-badan publik yang memiliki tugas dalam melaksanakan kekuasaan negara, sebagaimana yang sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Ilmu Pemerintahan melaksanakan pendidikan dalam bidang yang bermutu dalam rangka mampu menghasilkan lulusan dengan daya saing secara moral atau akademis yang tentunya bermasyarakat bagi masyarakat dan bagi negara.

Di negara Indonesia ini, pemerintahan itu sangat penting, mengingat negara Indonesia adalah negara hukum. Jadi, berkata soal hukum, tentu tak akan lepas dari yang namanya pemerintahan.

Seluk-Beluk Jurusan Ilmu Pemerintahan

Ilmu Pemerintahan
Ilmu Pemerintahan, via thetanjungpuratimes.com

1. Deskripsi

Menurut dari Taliziduhu (2000:7), mengatakan jika Ilmu Pemerintahan bisa didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana pemerintah (unit kerja publik) bekerja memenuhi dan melindungi tuntutan (harapan, kebutuhan) yang diperintah akan jasa publik dan layanan publik, dalam hubungan pemerintahan.

Obyek dan subyek dari organisasi ini sendiri meliputi lembaga eksekutif, lembaga eksekutif, lembaga yudikatif, hingga lembaga-lembaga lain yang sudah di atur dalam peraturan perundang-undangan.

Ilmu Pemerintahan juga mempelajari mengenai struktur, prosedur, beserta dengan rangkaian kegiatan dari badan publik dalam melaksanakan suatu tugas dan fungsi kelembagaan dalam rangka mencapai tujuan penyelenggaraan negara.

2. Ruang Lingkup Pembelajaran

Berikut ini beberapa contoh mata kuliah Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran :
  • Pendidikan Agama
  • Bahasa Inggris
  • Pengantar Ilmu Pemerintahan
  • Dasar-dasar Ilmu Politik
  • Sistem Hukum Indonesia
  • Sistem Ekonomi Indonesia
  • Sistem Sosial Indonesia
  • Dasar-dasar Logika
  • Teori Politik
  • Konstitusi dan Kelembagaan Pemerintahan
  • Pengantar Statistik Sosial
  • Psikologi Sosial
  • Asas-asas Manajemen
  • Teori Komunikasi
  • Hukum Tata Pemerintahan
  • Studi Kependudukan
  • Etika Pemerintahan
  • Sistem Pemerintahan Daerah
  • Sistem Politik Indonesia
  • Politik Agraria
  • Ekologi Pemerintahan
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Birokrasi Pemerintahan Indonesia
  • Keuangan Daerah
  • Pembangunan Politik
  • Metodologi Ilmu Pemerintahan
  • Pembangunan Lokal
  • Pelayanan Publik
  • Kebijakan Publik
  • selengkapnya bisa dilihat dengan mengunjungi laman mata kuliah S1 Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran

3. Kompetensi Lulusan

Berikut ini kompetensi lulusan program studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang :
  • Kompetensi Utama
    • Menghasilkan output pendidikan yang mempunyai kemampuan berbahasa asing; menulis; retorika; meneliti dan menganalisa; manajerial; dan kepemimpinan dalam pemerintahan dan politik; serta entrepreneurship.
  • Kompetensi Pendukung
    • Adanya perwujudan Good Governance dan Penguatan Tata Pemerintahan Lokal. Kemampuan menyusun dan mengevaluasi kebijakan publik, bernegosiasi, public speaking, analisis politik lokal dan problematika pemerintahan daerah.
  • Kompetensi Lainnya
    • Menghasilkan output pendidikan yang memiliki akhlak mulia sebagai pendorong terciptanya sense of responsibility terhadap dinamika pemerintahan.

4. Gelar

Gelar yang nantinya berhasil didapat oleh mahasiswa lulusan jurusan atau program studi Ilmu Pemerintahan ialah Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.I.P.).

Lihat Daftar Lengkap : Prospek Kerja Jurusan di Bangku Perkuliahan untuk Program Sarjana (S1)

Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan

Ilmu Pemerintahan
Ilmu Pemerintahan, via antosalafy.wordpress.com

1. Aparat Pemerintah

Terlibat secara aktif dan bekerja dalam menjalankan roda pemerintahan, baik itu di pusat ataupun daerah, menjadi pekerjaan inti dari seorang lulusan Ilmu Pemerintahan.

Melakukan penetapan kebijakan pemerintah, mengatur jalannya pemerintahan dengan sebaik-baiknya, menyediakan solusi dari pemerintah guna menghadapi berbagai macam permasalahan rakyat, menjadi salah satu contoh kerja dari lulusan Ilmu Pemerintahan.

Maka dari itu, untuk menjadi anggota atau aparat dari suatu sistem pemerintahan, baik kecamatan, kelurahan, kabupaten atau bahkan kementerian pusat, menjadi salah satu prospek kerja yang cukup tepat dan menjanjikan.

2. Staf atau Anggota Legislatif

Berpikir dengan strategis dalam menentukan kebijakan pemerintahan, sudah ditanamkan semenjak awal pertama bagi mahasiswa jurusan ini. Tentu belajar mengenai strategi khusus dalam membentuk pemerintahan yang efektif dan sejahtera guna membangun rakyat.

Ada juga pihak yang memang memiliki wewenang dalam menyusun strategi dan menentukan kebijakan pemerintah secara inti, ialah anggota legislatif bersama dengan para staf.

Maka dari itu, tak heran jika lulusan jurusan Ilmu Pemerintahan tepat dalam menjadi anggota legislatigf, baik itu di pusat ataupun daerah. Ilmu di bidang pemerintahan yang baik, diharapkan bisa membawa rakyat jauh lebih sejahtera dengan apa yang sudah dijalankan pada roda pemerintahan.

3. Aktivis LSM atau Organisasi Masyarakat

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) menjadi lembaga secara sukarela dengan memberikan suatu bentuk pelayanan terhadap masyarakat umum, tanpa memiliki tujuan tertentu seperti mendapat keuntungan dari kegiatan yang telah dilakukan.

Biasanya, aktivitas atau kegiatan yang dilakukan ialah membela masyarakat, membantu masyarakat yang mana pada intinya bertujuan untuk membangun dan menyejahterakan kehidupan masyarakat, sesuai dengan hukum yang berlaku. Sama halnya dengan organisasi masyarakat.

Organisasi masyarakat dibentuk berbasis pada masyarakat, yang pada umumnya tak memiliki tujuan politik dan berhasil dibentuk atas dasar adanya kesamaan kepentingan di dalam suatu bidang, contohnya bidang agama, pendidikan atau bahkan sosial.

4. Konsultan Pemerintahan

Jalannya roda pemerintahan tentu akan mengalami setiap hambatan di setiap langkahnya. Agar hambatan atau rintangan bisa menghilang dan kerja pemerintahan bisa berjalan dengan baik dan lancar, maka masalah yang mengganggu harus segera dipecahkan.

Tugasnya seperti memberikan solusi, memberikan masukan atau merumuskan strategi yang dirancang, sehingga pemerintahan bisa berjalan dengan baik, itulah tugas dari seorang konsultan pemerintahan. Seringkali, konsultan pemerintahan sangat dibutuhkan dalam menangani masalah khusus dalam pemerintahan.

5. Spesialis Hubungan Masyarakat

Bertanggung jawab dalam mempromosikan atau menciptakan citra publik yang ditujukan untuk individu, kelompok maupun organisasi. Bisa menulis atau bahkan memilih bahan untuk dirilis ke berbagai macam media komunikasi.

Tugas yang diembang seperti menanggapi adanya permintaan informasi dari media, menulis press release, membangun atau mempertahankan hubungan kerja sama dan lain sebagainya.

Maka dari itu, aspek yang sangat dibutuhkan ialah kemampuan dalam berkomunikasi, baik itu secara bahasa maupun lisan. Koordinasi juga penting, kepekaan sosial dan manajemen waktu.

6. Pengawas dan Penyelidik Properti Pemerintah

Melakukan penyelidikan dan memeriksa properti pemerintah, guna memastikan suatu kepatuhan dengan adanya perjanjian kontrak dan peraturan pemerintah.

Tugasnya seperti menyiapkan korespondensi, laporan investigasi, rekomendasi tindakan, memeriksa catatan baik itu laporan atau dokumen yang lain guna memberikan fakta, memantai penyelidikan dugaan pelanggar untuk memastikan diadili sesuai dengan persyaratan konstitusional dan lain sebagainya.

Maka, dibutuhkan peran aktif dalam berpikir kritis dengan menggunakan logika dan kemampuan menalar untuk melakukan identifikasi terhadap suatu solusi, kesimpulan atau melakukan pendekatan terhadap permasalahan yang sedang dihadapi.

7. Wartawan

Wartawan bertugas untuk mencari dan menyusun berita berdasar dari data, observasi, wawancara atau invertigasi, guna dimuat atau ditayangkan kepada media.

Wartawan sendiri bisa bekerja untuk koran, majalah, radio, televisi atau bahkan media berita online atau digital, bisa secara lepas ataupun tetap, namun kebanyakan membutuhkan wartawan tetap. Berita yang dibuat itu harus faktual, akurat dan bisa memuat informasi.

8. Asisten Peneliti

Dikarenakan cakupan dari pemerintahan yang sangat luas, mulai dari kecamatan, keluarahan, daerah, kabupaten, provinsi hingga bahkan negara, maka penelitian yang dilakukan biasanya berlangsung secara besar-besaran.

Ini semua dilakukan untuk menjalankan roda pemerintahan dengan saling berkesinambungan di dalam setiap lapisannya. Maka dari itu, tentu seorang ahli tak bisa mengerjakan sendiri.

Maka, membutuhkan asisten peneliti guna melakukan riset lebih lanjut. Lulusan dari Ilmu Pemerintahan tentu dibekali dengan teori pemerintahan yang sangat baik dan sangat tepat untuk mengisi posisi ini.

9. Anggota Partai Politik

Salah satu penggerak roda pemerintahan ialah partai politik, karena memegang peranan yang cukup besar di dalam roda pemerintahan.

Partai politik bisa menjadi suatu wadah untuk siapa saja yang ingin menyalurkan aspirasi, jika memang aspirasi itu sesuai dengan visi dan misi yang diemban oleh partai politik itu.

Dengan menjadi anggota partai politik, tentu harus paham benar akan pola pemerintahan yang digeluti di negara Indonesia.

10. Tenaga Pendidik atau Dosen

Mempelajari secara rinci atau detail mengenai ilmu pemerintahan, menjadikan lulusan ini cukup menguasai seluk-beluk dunia pemerintahan, baik itu dari segi teori ataupun dari segi praktis.

Menjadi dosen atau tenaga pendidik juga salah satu profesi yang sangat dibutuhkan. Melakukan transfer ilmu kepada orang lain akan dunia pemerintahan dan memiliki tujuan untuk membangun secara bersama-sama, menjadi tugas mulai dari profesi tenaga pendidik atau pengajar Ilmu Pemerintahan.

11. Hubungan Masyarakat

Melakukan perencanaan, mengarahkan atau melakukan koordinasi kegiatan yang dirancang, guna menciptakan dan menjaga citra publik yang baik atau meningkatkan awareness.

Memiliki tugas yang sangat penting seperti membentuk dan mempertahankan hubungan kerja yang efektif dengan pejabat pemerintahan, wakil media dan lain sebagainya untuk mengembangkan potensi bisnis, menulis berita pers yang menarik dan efektif, hingga menetapkan, mengawasi dan menilai kegiatan staf humas dan lain sebagainya.

12. Konsultan Publik

Menjadi seorang penasihat kandidat dalam pemilihan kepala daerah, pemilihan umum wakil rakyat, atau pemilihan presiden guna meningkatkan adanya elektabilitas kandidat.

Dibalik dari kemenangan seorang kandidat baik itu walikota, bupati, gubernur, atau presiden, ada juga kerja keras bagi para konsultan politik yang merumuskan strategi berkampanye.

Tugas yang sangat penting diemban seperti mempelajari kandidat dalam mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang hingga anamcan yang dihadapi, bahkan hingga mempelajari karakter calon pemilih dan melakukan analisis isu sosial yang berkembang di masyarakat dan kebijakan yang sudah ada, sehingga bisa merumuskan strategi kampanye yang tepat.

13. General Affairs

Melakukan perencanaan, memberikan arahan atau melakukan koordinasi dengan satu atau lebih pelayanan administratif lain dalam suatu organisasi, seperti bagian pencatatan dan informasi, bagian maintenance, operation dan bagian yang lain yang mendukung dan saling berkesinambungan.

Melakukan pengawasan fasiltas guna memastikan fasilitas bisa bergungsi dengan baik dan benar, menetapkan tujuan dan deadline bagi masing-masing departemen, hingga melakukan analisis proses internasional dan melakukan rekomendasi prosedur atau peraturan yang sesuai, guna memperbaiki sistem di dalam suatu organisasi.

Lainnya tentang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
10 Prospek Kerja Administrasi Negara/Publik
8 Prospek Kerja Ilmu Politik

Universitas Penyelenggara Jurusan Ilmu Pemerintahan

*Data per bulan Januari 2018 (resmi dari Ban PT)

S1 (Akreditasi A)

  1. Universitas Hasanuddin - Ilmu Pemerintahan
  2. Universitas Padjadjaran - Ilmu Pemerintahan
  3. Universitas Muhammadiyah Malang - Ilmu Pemerintahan
  4. Universitas Muhammadiyah Makassar - Ilmu Pemerintahan
  5. Universitas Islam Riau - Ilmu Pemerintahan
  6. Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa Apmd - Ilmu Pemerintahan
  7. Universitas Langlang Buana - Ilmu Pemerintahan
  8. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta - Ilmu Pemerintahan
  9. Universitas Diponegoro - Ilmu Pemerintahan

S2 (Akreditasi A)

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta - Ilmu Pemerintahan

0 Komentar Harus Tahu! Ini 13 Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top