Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

15 Apr 2018

(Kupas Tuntas) Iman Kepada Malaikat Allah

Iman Kepada Malaikat Allah - Iman, diambil dari kata kerja 'aamana' -- 'yukminu' yang memiliki arti percaya atau membenarkan.

Sementara itu, Malaikat merupakan makhluk yang memiliki kekuatan, di mana patuh terhadap segala bentuk ketentuan-ketentuan dan perintah-perintah yang telah Allah berikan.

Perlu diketahui terlebih dahulu jika Malaikat itu diciptakan oleh Allah dari cahaya (nur).

Jadi, secara singkat, iman kepada Malaikat Allah adalah percaya dengan sepenuh hati jika Allah SWT telah menciptakan Malaikat untuk menjalankan segala perintah-Nya.

Iman kepada Malaikat Allah juga menjadi salah satu bagian dari Rukun Iman. Walau memang benar kita tidak bisa melihat Malaikat, namun kita sebagai manusia harus percaya dan yakin adanya Malaikat, karena mereka juga salah satu makhluk ciptaan Allah.

Malaikat selalu menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, yang mana mereka tak pernah berdosa. Tak ada salah seorang-pun yang mengetahui akan jumlah pasti dari malaikat, hanya Allah SWT saja yang bisa mengetahui berapa banyak jumlahnya.

Kali ini, kita akan belajar banyak tentang materi "Iman Kepada Malaikat Allah".

Pengertian Iman Kepada Malaikat Allah

Pengertian Iman Kepada Malaikat Allah

Iman kepada Malaikat Allah sejatinya adalah meyakini dengan sepenuh hati dan mengatakan dengan lisan, jika adanya Malaikat yang merupakan makhluk ciptaan Allah SWT, yang mana tunduk dan patuh terhadap perintah-Nya.

Walaupun memang Malaikat adalah sosok makhluk yang ghaib, maka kita sebagai manusia, terutama sebagai sosok makhluk hidup yang berakal wajib percaya dengan sepenuh hati terhadap adanya Malaikat, mengingat mereka diutus oleh Allah SWT untuk menjalankan segala perintah-Nya.

Percaya atau tidak, memang apa yang kita lakukan setiap waktu atau setiap saat, pasti akan dilihat dan diamati oleh Malaikat dan terutama diawasi oleh Allah SWT.

Setiap Malaikat yang diutus oleh Allah SWT, memiliki tugasnya masing-masing, seperti mencatat amal perbuatan, mencabut nyawa, dan lain sebagainya.

Malaikat adalah makhluk ghaib yang diciptakan untuk senantiasa mengabdi kepada Allah. Makhluk ini tak akan pernah berbuat maksiat, selalu mengerjakan apa yang menjadi tugasnya, tak pernah angkuh dan tak pernah letih untuk bertasbih kepada-Nya.

Sifat-sifat Malaikat

Sifat-sifat Malaikat
Sifat-sifat Malaikat, via embunhati.com

  1. Selalu bertasbih siang dan malam, tak pernah berhenti.
  2. Selalu takut dan taat kepada Allah.
  3. Tak pernah berbuat maksiat dan selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkan oleh Allah.
  4. Memiliki sifat malu.
  5. Bisa terganggu dengan bau yang tidak sedap, anjing, hingga patung.
  6. Malaikat memiliki sifat yang istimewa, bisa mengubah wujudnya.
  7. Mempunyai kekuatan dan kecepatan cahaya.
  8. Malaikat itu sendiri tak akan pernah lelah dalam melaksanakan tugas yang telah diperintahkan oleh Allah kepada mereka.
  9. Sebagai salah satu makhluk ghaib, wujud dari Malaikat itu sendiri tak bisa dilihat, didengar, diraba, dicium, atau bahkan dirasakan oleh manusia.
  10. Malaikat bisa menampakkan diri dalam kondisi rupa tertentu, contohnya rupa manusia.
  11. Malaikat tidak pernah makan dan minum.
  12. Memiliki kekuatan yang amat luar biasa.
  13. Malaikat termasuk dalam golongan makhluk ghaib.
  14. Malaikat merupakan sosok makhluk yang terbuat dari cahaya (nur).
  15. Malaikat tidak tidur.
  16. Malaikat tak memiliki hawa nafsu.
  17. Mereka tidak menikah dan tak memiliki keturunan.
  18. Mereka senantiasa untuk mendekatkan diri kepada Allah.
  19. Mereka mampu naik turun antara langit dan bumi.
  20. Malaikat tak henti-hentinya selalu berzikir.
  21. Malaikat sangat takut kepada Allah SWT. (Lihat lebih lengkap di : 15 Sifat-sifat Malaikat dan Dalilnya)

Nama-nama Malaikat dan Tugasnya

Nama-nama Malaikat dan Tugasnya
Nama-nama Malaikat dan Tugasnya, via fullredneck.com

1. Malaikat Jibril

Tugas utama Malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu Allah SWT kepada Nabi dan Rasul, yang mempunyai dan memegang amanah guna mengajak umat manusia yang lain hanya untuk menyembah kepada Allah SWT.

Malaikat Jibril juga banyak diketahui dan didengar pada kisah Nabi Muhammad SAW, di mana Jibril selalu menampakkan diri kepada Rasulullah dan tak ketinggalan melakukan cukup banyak interaksi atau komunikasi terhadap Rasulullah.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail adalah Malaikat yang bertugas guna memberikan rezeki kepada seluruh umat manusia, baik itu yang beriman kepada Allah SWT, maupun yang tidak.

Rezeki (rizki) yang diberikan ini kepada seluruh manusia, bahkan bukan hanya manusia saja, melainkan kepada seluruh makhluk ciptaan-Nya. Tentu ini sudah menjadi ketentuan dan ketetapan dari Allah SWT.

3. Malaikat Israfil

Malaikat ini memiliki tugas untuk meniup terompet sangkakala. Terompet sangkakala ini hanya akan ditiupkan saat tiba di hari kiamat saja.

Sementara itu, ada sebanyak 3 tiupan terompet ini, contohnya :
  • Tiupan yang pertama, pertanda hari kiamat sudah datang dan akan mengguncangkan seisi bumi.
  • Tiupan yang kedua, merupakan tiupan kematian yang mana semua yang ada di bumi dan di langit, semua makhluk dan ciptaan Allah akan mati.
  • Tiupan yang ketiga, merupakan tiupan kebangkitan setelah terjadi kematian, di mana semua makhluk hidup yang berada di bumi dan di langit akan dibangkitkan lagi oleh Allah SWT.

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail memiliki tugas untuk mencabut nyawa, yang mana keberadaannya bisa ramah atau malah justru sebaliknya.

Malaikat Izrail bisa ditemui oleh manusia saat sudah Sakaratul Maut atau sedang menuju kematian.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar memiliki tugas untuk menanyai dan memeriksa perbuatan manusia ketika manusia tersebut masih hidup di dunia.

Pertanyaan dan pemeriksaan amalan perbuatan apa saja yang telah seseorang lakukan di dunia, akan ditanyakan saat manusia sudah memasuki alam kubur dan manusia yang ditanya tak akan mampu berbohong dan tak bisa menghindari.

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir memiliki tugas yang sama dengan Malaikat Munkar, yakni menanyakan mengenai perbuatan apa saja yang sudah dilakukan oleh manusia semasa hidup di dunia.

Lagi-lagi, manusia tak akan mampu berbohong karena bukan mulut yang menjawab pertanyaan tersebut, namun anggota tubuh yang lain, atas kehendak Allah.

7. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib memiliki tugas untuk mencatat segala bentuk amal baik yang telah diperbuat atau dilakukan oleh manusia semasa hidupnya di dunia.

Hanya saja, manusia tak akan mampu melihat keberadaannya. Namun, jangan takut! Setiap amal baik yang kita lakukan pasti akan dicatat dan tak akan pernah terlewat satu-pun!

8. Malaikat Atid

Malaikat Atid juga memiliki tugas untuk mencatat, namun, bukan seperti Raqib, Atid ditugaskan untuk mencatat perbuatan yang buruk oleh manusia semasa di dunia.

Senada dengan pencatatan amal dari Malaikat Raqib, Atid juga tak akan pernah melewatkan satu kejadian kecil-pun atas apa yang diperbuat oleh manusia semasa di dunia.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik seringkali disebut sebagai Malaikat yang menyeramkan. Bagaimana tidak? Tugas dari malaikat ini sendiri ialah menjaga pintu neraka. Malaikat Malik dengan tegasnya akan menyeret manusia masuk ke dalam neraka, karena semasa hidup di dunia enggan beriman kepada Allah SWT.

Malaikat Malik juga merupakan malaikat yang tegas dan patuh terhadap segala bentuk perintah Allah untuk senantiasa menjaga neraka dengan baik.

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan memiliki tugas sebagai penjaga pintu surga, di mana setiap manusia pasti mendambakan surga kelak dan akan disambut dengan ramah oleh Malaikat Ridwan.

Tidak hanya itu saja, saat di dalam surga, tentu akan ada lebih banyak kenikmatan dan keindahan yang bisa kita terima, lebih dari apa yang sekadar kita bayangkan sekarang.

Dalil Iman Kepada Malaikat Allah

Dalil Iman Kepada Malaikat Allah
Dalil Iman Kepada Malaikat Allah, via portal-ilmu.com

1. QS An Nisa' ayat 136

An Nisa' ayat 136

"Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya."

2. QS Al Baqarah ayat 98

Al Baqarah ayat 98

"Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir."

3. QS Al Baqarah ayat 30

Al Baqarah ayat 30

"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat : "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata : "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman : "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"."

4. QS An Nisa' ayat 172

An Nisa ayat 172

"Al Mash sekali-kali tidak enggan menjadi hamba bagi Allah, dan tidak (pula enggan) malaikat-malaikat yang terdekat (kepada Allah). Barangsiapa yang enggan dari menyembah-Nya, dan menyombongkan diri, nanti Allah akan mengumpulkan mereka semua kepada-Nya."

5. QS Al Haqqah ayat 17

Al Haqqah ayat 17

"Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung 'Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka."

6. QS Al Anbiya ayat 19-20

Al Anbiya ayat 19

"Dan kepunyaan-Nya-lah segala yang di langit dan di bumi. Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih."

Al Anbiya ayat 20

"Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya."

7. QS Al An'am ayat 61

Al An'am ayat 61

"Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya."

8. QS Al Mu'min ayat 7

Al Mu'min ayat 7

"(Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan) : "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala."

9. QS Fatir ayat 1

Fatir ayat 1

"Segala puji bagi Allah pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

10. QS At Tahrim ayat 6

At Tahrim ayat 6

"Hai orang-orang yang berimah, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, kerasa, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Semua surat di atas didapat dari laman Tafsirq.com.

11. HR. Imam Malik

"Pada hari Jumat, di setiap pintu-pintu masjid terdapat malaikat-malaikat yang menulis. Orang pertama dan seterusnya. Jika imam telah duduk, maka para malaikat menutup buku catatannya, kemudian mereka mendengarkan dzikir." (HR. Imam Malik)

12. HR. Bukhari

"Terkadang malaikat menjelma kepadaku seperti orang laki-laki, kemudian ia berbicara kepadaku dan aku memahami apa yang ia ucapkan." (HR. Bukhari)

13. HR. Muslim

"Allah menciptakan malaikat dari cahaya, menciptakan jin dari nyala api, dan menciptakan Adam dari apa yang telah disifatkan (dijelaskan) kepada kalian." (HR. Muslim)

Perbedaan Malaikat, Jin dan Manusia

Perbedaan Malaikat, Jin dan Manusia
Perbedaan Malaikat, Jin dan Manusia, via guardian-angel-reading.com

A. Malaikat

  • Diciptakan dari cahaya
  • Wujudnya ghaib
  • Selalu taat dan tunduk terhadap perintah Allah SWT
  • Tidak memiliki nafsu
  • Tidak memiliki jenis kelamin
  • Bertempat di langit dan bisa turun ke bumi sesuai dari kehendak Allah

B. Jin

  • Diciptakan dari api
  • Wujudnya ghaib
  • Ada yang beriman dan ada juga yang ingkar kepada Allah
  • Memiliki hawa nafsu
  • Berjenis kelamin
  • Selalu berusaha untuk menjerumuskan manusia

C. Manusia

  • Diciptakan dari tanah
  • Wujud aslinya yang bisa dilihat dan diraba
  • Ada yang tunduk dan ada yang ingkar terhadap Allah
  • Memiliki kehendak atau hawa nafsu
  • Berjenis kelamin
  • Bertempat tinggal atau hidup di bumi (Lihat lebih lengkap : Perbedaan Malaikat, Jin dan Manusia + Ciri-cirinya)

Fungsi Iman Kepada Malaikat Allah

Fungsi Iman Kepada Malaikat Allah

1. Meningkatkan Ketaatan

Malaikat adalah sosok makhluk Allah SWT yang paling taat. Maka, manusia bisa mendorong dirinya untuk ikut serta senantiasa mendekatkan diri dan disiplin terhadap Allah SWT.

2. Menjaga Sikap Manusia

Salah satu tugas Malaikat ialah untuk mengawasi apa yang dikerjakan oleh manusia, sehingga manusia akan berhati-hati dalam menjalani kehidupan, sehingga terhindar dari perbuatan buruk dan dosa.

3. Berusaha Meningkatkan Amal Ibadah

Ada Malaikat yang menjaga surga dan neraka. Dengan mengingat hal tersebut, maka bisa mendorong manusia untuk meningkatkan segala bentuk amal ibadahnya, supaya nanti bisa masuk surga.

4. Menerima Rezeki yang Sudah Diberikan

Dengan beriman, maka kita bisa dengan mudah ikhlas dan bersyukur terhadap apa yang telah diberikan atau yang sudah kita beri kepada orang lain, karena tentunya segala bentuk amal perbuatan akan dicatat oleh Malaikat.

5. Mampu Meningkatkan Kesabaran

Iman artinya percaya. Nah di saat kita sudah melakukan berbagai macam usaha namun belum terlihat hasilnya atau hasilnya belum terbayar, maka kita harus tetap percaya dengan Allah bahwa nantinya pasti akan diganjar dengan lebih baik lagi.

6. Berupaya Masuk ke dalam Surga

Dengan iman kepada Malaikat Allah, maka kita senantiasa berupaya atau berusaha untuk bisa menggapai pintu surga yang telah Allah janjikan untuk orang yang taat dan bertaqwa di dunia.

7. Meniru/Mencontoh Sifat Malaikat

Sifat malaikat beberapa contohnya selalu bertasbih, menjalankan segala perintahNya dan tunduk terhadap Allah SWT. Dengan sikap tersebut, maka kita sebagai manusia bisa ikut mencontoh dan mengikutinya dengan baik. (Lihat lebih lengkap : Fungsi Iman Kepada Malaikat Allah)

Tanda-tanda Beriman Kepada Malaikat Allah

Tanda-tanda Beriman Kepada Malaikat Allah

  • Percaya atau yakin dalam hati jika Malaikat merupakan makhluk ghaib yang keberadannya perlu kita percayai.
  • Percaya atau yakin jika Malaikat selalu taat terhadap segala bentuk perintah Allah dan tak pernah durhaka kepada-Nya.
  • Percaya atau yakin jika tugas Malaikat itu bermacam-macam, terlebih dalam urusan dunia, khususnya umat manusia.
  • Percaya atau yakin dengan cara mempelajari Al Quran dan Hadits.
  • Melakukan segala bentuk perbuatan yang mencerminkan iman kepada Malaikat Allah.
  • Percaya atau yakin jika Malaikat merupakan sosok makhluk ghaib yang lebih dahulu diciptakan oleh Allah, daripada manusia. (Lihat lebih lengkap : Tanda-tanda Beriman Kepada Malaikat Allah)

Perilaku yang Mencerminkan Beriman Kepada Malaikat

Perilaku yang Mencerminkan Beriman Kepada Malaikat

  • Selalu berusaha untuk mencari dan memohon hidayah kepada Allah.
  • Bersyukur dengan cara banyak berbagi ilmu kepada orang lain.
  • Berusaha dengan maksimal guna mencari rezeki yang baik dan yang halal.
  • Selalu memohon kepada Allah SWT agar diselamatkan untuk menghadapi musibah dan huru-hara dunia, maupun saat nantinya terjadi hari kiamat.
  • Berusaha untuk selalu mempersiapkan diri dalam menghadapi kematian.
  • Selalu berdoa untuk bisa terhindar dari berbagai macam siksaan saat sakaratul maut.
  • Selalu memohon kepada Allah SWT, agar dilapangkan di alam kubur dan diringankan siksa kuburnya.
  • Selalu memiliki niat atau itikad baik dalam segala macam perbuatan, baik itu ucapan atau perilaku.
  • Menjauhi niat buruk, perkataan yang kotor, perbuatan jelek dan menjauhi sikap atau perilaku tercela.
  • Selalu memohon kepada Allah SWT, sehingga bisa masuk surga dengan aman, menciptakan segala kedamaian dan ketenteraman di dunia ini.
  • Selalu memohon kepada Allah SWT supaya terhindar dari siksaan api neraka.
  • Selalu berhati-hati dalam bersikap di keseharian.
  • Peduli sosial dengan cara memperhatikan keadaan atau kondisi masyarakat di sekitar.
  • Perilaku yang diberikan bisa menjadi suri tauladan di lingkungannya.
  • Berpikir positif terhadap berbagai macam kejadian yang terjadi di sekitarnya.
  • Patuh dan taat terhadap hukum-hukum Allah SWT.
  • Melaksanakan tugas maupun kewajiban yang diemban oleh kita dengan rasa penuh tanggung jawab dan dibekali dengan ikhlas.
  • Selalu berusaha atau mencoba untuk memperbaiki diri sendiri dari waktu ke waktu.
  • Tidak bersikap sombong atau riya' dalam berbuat kebaikan. (Lihat lebih lengkap : Perilaku yang Mencerminkan Iman Kepada Malaikat Allah SWT)

Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah

Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah
Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah, via dakwahyu.com

  1. Semakin yakin terhadap kebesaran Allah SWT
  2. Mendorong kita untuk selalu berbuat kebajikan dan meningkatkannya dari waktu ke waktu
  3. Menambah ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT
  4. Selalu berhati-hati saat akan bertindak, guna menghindari segala bentuk perbuatan tercela yang bisa memanggil dosa
  5. Merasa takut saat melakukan perbuatan maksiat
  6. Selalu berpikir dan berhati-hati setiap melakukan suatu perbuatan atau menentukan sikap
  7. Memunculkan rasa syukur kepada Allah SWT
  8. Yakin akan pertolongan Allah SWT pasti ada
  9. Semakin giat dalam berusaha, karena tak ada rezeki yang diturunkan oleh malaikat Allah SWT, tanpa adanya usaha dan kerja keras (Lihat lebih lengkap : Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah, Apa Saja?)

0 Komentar (Kupas Tuntas) Iman Kepada Malaikat Allah

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top