Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

23 Apr 2018

15 Sifat-sifat Malaikat dan Dalilnya



Sifat-sifat Malaikat dan Dalilnya - Malaikat merupakan makhluk yang mempunyai kekuatan-kekuatan dengan patuh terhadap segala bentuk ketentuan dan perintah Allah SWT.

Malaikat diciptakan oleh Allah yang terbuat dari cahaya (nur). Iman kepada malaikat juga menjadi salah satu bagian dari Rukun Iman. Malaikat akan senantiasa menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, serta tak akan pernah berdosa.

Sementara itu, tidak ada satu orang-pun yang mengetahui jumlah pasti atau seberapa banyak jumlah malaikat yang tersebar di muka bumi ini. Hanya Allah saja yang tahu pasti akan jumlah dan keberadaannya.

Walaupun memang benar jika malaikat itu adalah makhluk ghaib, ternyata malaikat pernah menampakkan diri dalam wujud laki-laki kepada para nabi dan rasul, seperti terjadi kepada diri Nabi Ibrahim.

Setelah mengetahui banyak akan malaikat, lebih baiknya lagi kita membahas mengenai sifat-sifat malaikat.

Sifat-sifat Malaikat

Sifat-sifat Malaikat
Sifat-sifat Malaikat, via blog.theshiftnetwork.com

1. Selalu Bertasbih Siang dan Malam

Malaikat selain memiliki tugasnya masing-masing, ternyata juga selalu bertasbih siang dan malam tak pernah berhenti.

Seperti dalam surat Al Anbiya ayat 19-20.

Terjemahan surat Al Anbiya ayat 19 : "Dan kepunyaan-Nya-lah segala yang di langit dan di bumi. Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih."

Terjemahan surat Al Anbiya ayat 20 : "Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya."

2. Malaikat Suci dari Sifat Manusia dan Jin

Suci di sini ialah suci seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, berdebat, bercanda, dan lain sebagainya.

Al-Hafidz Ibnu Katsir rahimahullah, mengatakan, "Para Malaikat tidak ada keinginan terhadap makanan, karena mereka tidak berselera untuk makan." selesai dari Tafsir Al-Quran Al Adzim, 4/333.

Fakhrur Razi rahimahullah telah menukil kesepakatan dari para ulama mengenai arti yang satu ini, dengan mengatakan, "Mereka bersepakat bahwa para Malaikat tidak makan, tidak minum, tidak menikah. Mereka bertasbih siang malam tidak (pernah) bosan. Sementara jin dan setan, maka mereka makan dan minum." selesai dai Mafatih Al Ghoib, 1/76.

3. Selalu Takut dan Taat Kepada Allah

Tidak seperti manusia yang angkuh dan kadang menjalankan perintah-Nya dan kadang juga menjauhi larangan-Nya, ternyata Malaikat tidak seperti demikian. Malaikat selalu takut, tunduk dan taat terhadap Allah SWT.

Seperti dalam surat An Nahl ayat 50.

Terjemahan surat An Nahl ayat 50 : "Mereka takut kepada Tuhan mereka yang di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka)."

4. Tidak Pernah Berbuat Maksiat

Sangat berbeda dengan manusia, kadang selalu khilaf berbuat maksiat. Ternyata, Malaikat tak pernah berbuat maksiat sama sekali dan akan senantiasa untuk selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkan oleh-Nya.

Seperti dalam surat At Tahrim ayat 6.

Terjemahan surat At Tahrim ayat 6 : "Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."

5. Memiliki Sifat Malu

Sementara itu, senada dengan sifat manusia, malaikat juga memiliki rasa malu.

Seperti dalam hadits yang berbunyi, "Nabi Muhammad bersabda, "Bagaimana aku tidak malu terhadap seorang laki-laki yang malaikat pun malu terhadapnya"." (HR Muslim).

6. Bisa Terganggu oleh Bau yang Tidak Sedap, Anjing, Hingga Patung

Bau yang tidak sedap memang menyengat. Tidak hanya itu saja, setiap gonggongan anjing juga menjadi salah satu pertanda adanya setan, serta keberadaan dari patung sendiri seperti berhala atau menyerupai makhluk hidup, sehingga malaikat enggan datang ke rumah yang ada patungnya.

Seperti dalam hadits yang berbunyi, "Nabi Muhammad bersabda, "Barang siapa makan bawang putih, bawang merah dan bawang bakung, janganlah mendekati masjid kami, karena malaikat merasa sakit (terganggu) dengan hal-hal yang membuat manusia pun merasa sakit"." (HR Muslim).

7. Tidak Makan dan Minum


Seperti dalam surat Az Zariyat ayat 27-28.

Terjemahan surat Az Zariyat ayat 27 : "Lalu dihidangkannya kepada mereka. Ibrahim lalu berkata : "Silakan Anda makan"."

Terjemahan surat Az Zariyat ayat 28 : "(Tetapi mereka tidak mau makan), karena itu Ibrahim merasa takut terhadap mereka. Mereka berkata : "Janganlah kamu takut", dan mereka memberi kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang alim (Ishak)."

8. Mampu Berubah Wujud

Walaupun memang benar jika malaikat itu adalah makhluk ghaib, ternyata tidak menutup kemungkinan juga bagi malaikat untuk mengubah wujudnya sendiri menjadi rupa orang lain.

Seperti dalam surat Maryam ayat 16-17.

Terjemahan surat Maryam ayat 16 : "Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al Quran, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur."

Terjemahan surat Maryam ayat 17 : "maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna."

9. Memiliki Kekuatan

Malaikat memang makhluk Allah yang diciptakan oleh cahaya (nur) dengan memiliki tugas atau misinya masing-masing. Ternyata, malaikat juga dibekali suatu bentuk kekuatan yang dahsyat.

Seperti dalam surat Al Haqqah ayat 17.

Terjemahan surat Al Haqqah ayat 17 : "Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung 'Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka."

10. Memiliki Kecepatan Cahaya

Tidak hanya diberikan kekuatan, melainkan juga diberi anugerah kecepatan cahaya.

Seperti dalam surat Al Ma'arij ayat 4.

Terjemahan surat Al Ma'arij ayat 4 : "Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun."

11. Tidak Jenuh dan Tidak Pula Letih

Para malaikat selalu taat untuk beribadah kepada Allah, melakukan ketaatan kepada-Nya, serta melaksanakan perintah-perintah-Nya tanpa lelah dan merasakan bosan, tidak seperti diri manusia.

Seperti dalam surat Fussilat ayat 38.

Terjemahan surat Fussilat ayat 38 : "Jika mereka menyombongkan diri, maka mereka (malaikat) yang di sisi Tuhanmu bertasbih kepada-Nya di malam dan siang hari, sedang mereka tidak jemu-jemu."

12. Malaikat Mendengar, Melihat dan Berbicara

Allah juga memberikan karunia kepada malaikat, sehingga bisa berdialog dengan Allah. Dalam berdialog, malaikat tak pernah mendahului perkataanNya.

Seperti dalam surat Al Baqarah ayat 30.

Terjemahan surat Al Baqarah ayat 30 : "Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat : "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata : "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?", Tuhan berfirman : "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"."

13. Sama dengan Manusia, Merasakan Kematian

Sebagaimana makhluk hidup yang lain, seperti manusia, malaikat juga bisa merasakan kematian.

Seperti dalam surat Al Qasas ayat 88.

Terjemahan surat Al Qasas ayat 88 : "Janganlah kamu sembah di samping ((menyembah) Allah, tuhan apapun yang lain. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Bagi-Nya-lah segala penentuan dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan."

14. Sangat Takut Kepada Allah

Sudah sepatutnya segala bentuk makhluk hidup yang nantinya binasa haruslah takut kepada Allah, karena memang hidup kita semua ini bukan kita yang mengatur, melainkan Allah.

Seperti dalam surat Ar Ra'd ayat 13.

Terjemahan surat Ar Ra'd ayat 13 : "Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki, dan mereka berbantah-bantahan tentang Allah, dan Dialah Tuhan yang Maha keras siksa-Nya."

15. Memiliki Ilmu

Terbukti jika Allah membebani para malaikat dengan berbagai macam tugas baik itu di langit dan di bumi. Oleh karena itu, maka malaikat memiliki ilmu, berkenaan dengan tugas yang berikan kepada mereka.

Seperti dalam surat Al Infitar ayat 10-12.

Terjemahan surat Al Infitar ayat 10 : "Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu),"

Terjemahan surat Al Infitar ayat 11 : "yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu),"

Terjemahan surat Al Infitar ayat 12 : "mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan."


Kesimpulan

Sifat-sifat Malaikat dan Dalilnya

Malaikat tak akan pernah lelah untuk melaksanakan apa saja segala bentuk yang telah diperintahkan kepada mereka. Sebagai salah satu makhluk ghaib, wujud malaikat memang tak akan bisa dilihat, didengar, diraba, dicium dan dirasakan oleh manusia, dengan kata lain tak akan pernah dijangkau oleh panca indera.

Kecuali, jika malaikat menampakkan diri dalam rupa tertentu, seperti halnya rupa manusia.

Beberapa Nabi dan Rasul telah ditampakkan wujud dari malaikat yang berubah menjadi manusia, seperti pada kisah Ibrahim, Luth, Maryam, Muhammad, dan yang lain sebagainya.

0 Komentar 15 Sifat-sifat Malaikat dan Dalilnya

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top