Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

1 May 2018

11 Fungsi Iman Kepada Malaikat Allah, Apa Saja?



Fungsi Beriman Kepada Malaikat Allah - Malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang diciptakan dari cahaya (nur). Malaikat itu memiliki sifat sebagai makhluk ghaib, jadi kita sebagai manusia tak bisa melihat kehadiran dari malaikat di sekitar kita.

Terlepas dari itu semua, malaikat selalu taat kepada Allah SWT, dengan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan dan menjauhi segala apa yang dilarang oleh Allah SWT. Berbeda dengan diri kita sebagai manusia, yang tak pernah luput dari dosa dan kesalahan.

Malaikat memiliki tugas tertentu yang diemban dan diperintahkan oleh Allah SWT dengan selalu melakukan tugasnya tanpa kita sadari. Ya, karena memang benar malaikat tak akan bisa dilihat dan dirsakan, namun kita sebagai manusia sebagai umat yang baik harus tetap percaya dan yakin jika keberadaan malaikat itu benar-benar ada.

Fungsi Iman Kepada Malaikat Allah

Fungsi Iman Kepada Malaikat Allah
Fungsi Iman Kepada Malaikat Allah, via islamidia.com

Ada begitu banyak fungsi beriman kepada malaikat Allah yang perlu kita ketahui.

1. Meningkatkan Ketaatan

Malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang taat. Maka dari itu, dengan beriman, manusia bisa mendorong dirinya sendiri untuk tetap senantiasa mendekatkan diri dan selalu disiplin terhadap Allah SWT.

2. Berusaha untuk Meningkatkan Amal Ibadah

Memang benar ada jika malaikat yang ditugaskan untuk menjaga surga dan neraka. Dengan mengingat hal ini, maka bisa mendorong manusia untuk senantiasa berbuat baik dalam meningkatkan amal ibadahnya, sehingga tidak masuk ke neraka.

3. Meningkatkan Rasa Sabar

Iman berarti percaya secara bahasa. Nah, di saat kita sudah melakukan berbagai macam usaha dengan keras, namun masih belum juga terlihat hasil yang diberikan, maka kita harus tetap percaya dengan Allah SWT jika kerja keras yang sudah kita lakukan tentunya pasti akan terbayar dengan tuntas.

4. Menjaga Sikap Manusia

Salah satu tugas malaikat ada yang mengawasi setiap apa yang manusia kerjakan, sehingga manusia akan selalu bertindak berhati-hati dalam menjalani kehidupan, sehingga bisa terhindar dari adanya dosa.

5. Menerima Rezeki yang Sudah Diberikan

Dengan beriman, maka kita bisa dengan mudah ikhlas dan merasa bersyukur terhadap apa yang sudah diberikan atau kita berikan kepada orang lain, karena memang segala amal perbuatan kita akan dicatat oleh malaikat dan tak akan pernah luput sekalipun.

6. Selalu Bertakwa Kepada Allah SWT

Mampu memberi suatu dorongan guna mengingat mati maupun kehidupan sesudah mati, serta berusaha untuk sebisa mungkin mempersiapkan bekal guna kehidupan sesudah mati.

7. Menambah Keimanan

Meningkatkan iman atau keyakinannya terhadap Allah SWT, jika Allah SWT tidak hanya menciptakan makhluk yang nyata saja, melainkan juga menciptakan makhluk ghaib atau makhluk yang tidak nampak oleh manusia.

8. Meningkatkan Sikap Terpuji

Tidak hanya bersabar, bersyukur dan ikhlas saja, melainkan juga bisa mendorong rasa terpuji dalam diri manusia untuk senantiasa tawakal dalam menghadapi berbagai macam cobaan atau rintangan.

9. Berusaha Meniru Sifat Malaikat

Kita juga bisa berusaha untuk meniru salah satu sifat dari malaikat yakni selalu tunduk dan patuh terhadap perintah dan menjauhi segala larangan dari Allah SWT.

10. Senantiasa untuk Mawas Diri

Manusia berusaha agar selalu berhati-hati dalam menjalani hidup di dunia ini, waspada dan selalu mawas diri, sehingga tidak terjerumus dalam perbuatan yang memang tidak diridhoi oleh Allah SWT.

11. Takut akan Pertanggungjawaban Kelak di Alam Kubur

Manusia bisa mengingat akan takutnya pertanggungjawaban kelak di alam kubur dan di mana pada saat itu ditanyai oleh Malaikat Munkar dan Nakir.


Kesimpulan

Setelah kita mengetahui apa arti penting dan makna dari iman kepada malaikat Allah SWT, nah kita bisa mengetahui fungsi beriman kepada malaikat juga.

Beberapa contoh fungsi beriman kepada malaikat Allah di atas adalah sebagai bentuk pelajaran yang mana harus bisa kita jalani dan senantiasa untuk berbuat baik di dalam hidup, karena setiap apa yang kita lakukan pasti akan dipertanggungjawabkan.

Tidak hanya senantiasa untuk bermawas diri saja, melainkan kita sebagai manusia yang notabene tidak lepas dari dosa dan salah, kita juga bisa berubah sedikit demi sedikit untuk selalu mengikuti sifat dari malaikat yang senantiasa tunduk dan patuh terhadap Allah SWT.

Tidak hanya itu saja, sifat yang lain seperti malaikat selalu takut kepada Allah SWT dan berzikir siang dan malam tiada henti-hentinya. Jika memang belum mampu, lakukan sesuatu di dunia ini dengan perilaku terpuji.

0 Komentar 11 Fungsi Iman Kepada Malaikat Allah, Apa Saja?

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top