Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

5 May 2018

19 Tanda-tanda Beriman Kepada Malaikat Allah



Tanda-tanda Beriman Kepada Malaikat Allah - Tanda jika diri kita beriman kepada malaikat itu bisa berupa berbagai macam hal, seperti sikap dan mental.

Tidak hanya itu saja, meliputi juga pemikiran, perasaan, serta sikap lahir, contohnya ucapan dan segala bentuk perbuatan yang dilakukan di dunia. Selanjutnya, setelah itu mengacu terhadap ajaran Allah yang terkandung di dalam Al Quran dan Hadits.

Tanda-tanda Beriman Kepada Malaikat Allah

Tanda-tanda Beriman Kepada Malaikat Allah
Tanda-tanda Beriman Kepada Malaikat Allah, via media.ihram.asia

  1. Percaya atau yakin di dalam hati jika malaikat merupakan makhluk ghaib yang sudah lebih dahulu diciptakan oleh Allah, daripada manusia.
  2. Percaya atau yakin di dalam hati jika para malaikat memiliki sifat tubuh halus atau ghaib, yang mana mereka selalu taat terhadap segala bentuk perintah Allah SWT dan tidak pernah durhaka kepada-Nya.
  3. Percaya atau yakin di dalam hati jika tugas dari para malaikat tersebut begitu banyak alias bermacam-macam, baik itu yang memiliki kaitan dengan alam rohani atau alam dunia, terlebih untuk umat manusia itu sendiri.
  4. Percaya atau yakin di dalam hati jika orang-orang yang beriman dan senantiasa untuk beramal saleh, kedudukannya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan malaikat.
  5. Melakukan suatu pernyataan lisan yakni dengan cara mempercayai adanya malaikat dan sifat-sifatnya dengan cara belajar Al Quran dan Hadits.
  6. Melakukan segala bentuk perbuatan yang memang mencerminkan iman kepada malaikat Allah.
  7. Yakin dari dalam hati jika memang malaikat memiliki sifat seperti hidup di alam ghaib, maksum, tidak berjenis kelamin, tidak makan dan tidak pula minum, serta senantiasa untuk selalu bertasbih kepada Allah SWT baik itu siang ataupun malam.
  8. Yakin jika segala hal seperti amal perbuatan yang kita lakukan semasa hidup sehari-hari, tak akan pernah lepas dari yang namanya penglihatan Allah SWT dan hendaknya kita harus senantiasa untuk bersikap hati-hati sebelum bertindak.
  9. Melakukan segala bentuk perbuatan beriman kepada malaikat yakni dengan cara melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.
  10. Percaya atau yakin dengan sepenuh hati terhadap nama-nama malaikat yang tercantum di dalam Al Quran maupun yang tidak tercantum di dalam Al Quran.
  11. Mengetahui nama-nama malaikat beserta dengan tugas-tugas dari masing-masing malaikat, yang memang berbeda.
  12. Memiliki kesadaran dalam diri jika Allah SWT telah memerintahkan kepada malaikat untuk selalu mencatat segala bentuk amal baik dan buruk manusia.
  13. Mampu untuk meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT.
  14. Selalu membiasakan diri untuk bersikap atau berakhlak yang terpuji.
  15. Tidak pernah bersikap sombong dalam melakukan suatu kebaikan.
  16. Perilaku yang dilakukan, bisa menjadi contoh atau suri tauladan untuk masyarakat di sekitar atau bagi lingkungannya.
  17. Semakin yakin dengan penuh akan kebesaran, kekuatan dan maha kuasa yang dimiliki oleh Allah SWT.
  18. Bersyukur kepada-Nya, karena dengan adanya para malaikat yang telah diciptakan, bisa membantu kehidupan dan kepentingan manusia yang ada di dunia.
  19. Cinta kepada malaikat, karena dekatnya ibadah yang dijalin antara mereka dengan Allah SWT dan karena mereka selalu membantu serta mendoakan kita.

Iman kepada malaikat Allah di sini memiliki maksud yakin atau percaya dengan sepenuh hati jika malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang diciptakan melalui nur (cahaya) , diciptakan sebelum manusia dan diberikan tugas-tugas tertentu.

Malaikat itu sangatlah hebat, karena mereka senantiasa untuk bertasbih kepada Allah SWT siang dan malam tiada henti-hentinya. Bahkan, malaikat juga patuh dan taat, dengan selalu menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.


Sangat banyak memang sifat atau perilaku dari malaikat yang bisa kita contoh sebagai manusia untuk dilakukan semasa hidup di dunia. Bahkan, hanya berbuat baik seperti membuang sampah pun, itu ternyata memiliki makna yang luas.

Karena memang pada nyatanya, di setiap segala aktivitas atau kegiatan yang kita lakukan, tidak pernah luput dari pengawasan malaikat dan penglihatan Allah SWT.

0 Komentar 19 Tanda-tanda Beriman Kepada Malaikat Allah

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top