Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

19 Aug 2018

6 Tujuan Kewirausahaan dan Penjelasannya

Kewirausahaan ternyata menjadi salah satu aspek penting di dalam kehidupan bermasyarakat. Mengapa tidak, masalahnya, dengan kewirausahaan, bisa meningkatkan ekonomi warga sekitar.

Dengan 1 wirausahawan yang sukses di desanya atau di daerahnya, bisa membantu ekonomi banyak warga, hingga ratusan warga yang ada di sekitar. Ikut membantu menghidupi keluarganya masing-masing dan bisa berpedoman terhadap tujuan nasional Bangsa Indonesia, menyejahterakan rakyat.

Dengan semakin banyaknya wirausahawan yang ada pada suatu negara, alhasil bisa meningkatkan ekonomi dan meningkatkan kualitas dari negara itu sendiri. Yang awalnya negara berkembang, bisa berubah menjadi negara maju.

Tentu semua itu bisa terjadi karena wirausahawan mempunyai jutaan pola pikir dan ide atau gagasan kreatif. Maka dari itu, wirausahawan mendorong ekonomi masyarakat setempat dengan baik dan mari kita ketahui lebih jauh tentang tujuan kewirausahaan dan penjelasannya.

Tujuan Kewirausahaan

Tujuan Kewirausahaan
Tujuan Kewirausahaan, via http://marconix.in

1. Meningkatkan Jumlah Wirausahawan yang Berkualitas

Tujuan kewirausahaan yang pertama ini berdasarkan pemikiran apabila seorang pebisnis, tentu membutuhkan banyak sumber daya manusia yang lain, dalam membantu membangun suatu kegiatan ekonomi atau industri.

Dengan dilakukan bimbingan yang tepat, sumber daya manusia tersebut tak hanya bisa diberdayakan kemampuannya saja, melainkan juga bisa dilatih dan ditumbuhkembangkan agar menjadi calon wirausaha yang lebih berkualitas lagi.

Tujuan dari kewirausahaan tersebut tak menutup kemungkinan apabila suatu hari nanti, para karyawan atau pegawai yang bekerja bisa mandiri dan membuka usahanya sendiri, tentunya juga membantu ekonomi warga yang lain.

Setelah tujuan kewirausahaan yang pertama tersebut berhasil terwujud, maka sang wirausahawan atau pebisnis tersebut bisa dikatakan sudah berhasil dalam meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas di daerahnya masing-masing.

2. Ikut Serta dalam Memajukan dan Menyejahterakan Masyarakat

Kian sukses dan kian berkembang suatu bisnis, tentu membutuhkan kian banyak pula sumber daya manusia, untuk ikut serta membantu peranan penting dari wirausahawan.

Hal ini, tentu berarti kian banyak lapangan pekerjaan yang dibuka bagi masyarakat setempat, baik itu masyarakat yang memang kekurangan finansial, tidak cocok di bidang pekerjaan yang sebelumnya, kesulitan ijazah, bahkan pengangguran sekalipun.

Dengan berkurangnya jumlah pengangguran yang ada di masyarakat, berarti suatu bisnis sudah berhasil dalam mewujudkan tujuan kewirausahaan, dalam memajukan dan ikut serta menyejahterakan masyarakatnya.

3. Membudayakan Semangat Wirausaha di dalam Masyarakat

Wirausahawan bisa dikategorikan sebagai orang-orang yang mempunyai jiwa yang tangguh, kompetitif, ide kreatif, inovasi hebat dan pandai dalam mencari peluang yang ada. Semangat wirausahawan yang tak akan pernah padam tersebut begitu baik apabila mampu ditularkan kepada masyarakat lain sebagai suatu tujuan kewirausahaan yang berikutnya.

Tujuan kewirausahaan membudayakan akan semangat wirausaha di lingkungan masyarakat, yang bisa diwujudkan dengan cara yang begitu sederhana, dengan bersikap seperti apa adanya seorang manusia biasa, tidak menjadi bos.

Dengan memiliki sikap tersebut, tentu bisa memberikan inspirasi dan membuat banyak masyarakat yang hatinya tergerak untuk mencoba kegiatan wirausaha tersebut.

Sikap tangguh dan pantang menyerah tersebut yang sebaiknya lebih diperlihatkan dan ditonjolkan, agar kewirausahaan mampu membangun semangat orang muda di masyarakat dan membeikan manfaat bagi khalayak ramai untuk ikut bekerja keras dan mendapatkan keberhasilan.

4. Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat akan Kewirausahaan

Saat ini, orientasi masyarakat di Indonesia ialah sekolah untuk mencari ilmu, belajar di perguruan tinggi untuk mencari jati diri dan tujuan terakhirnya ialah bekerja. Kebanyakan seperti itu.

Kebanyakan lagi, mereka ingin bekerja kepada orang, bukan mereka yang mempekerjakan orang. Jadi, pemikiran orang-orang Indonesia, terlebih bagi remaja lebih berprinsip untuk bekerja pada orang demi membangun kehidupannya sendiri dengan penghasilan yang didapat dari bekerja dengan orang.

Dengan adanya contoh atau bukti nyata tersebut, menunjukkan jika Indonesia, memiliki masyarakat yang masih kekurangan akan kesadaran tentang pentingnya membuat lapangan pekerjaan dengan cara berwirausaha.

Kebanyakan dari mereka tidak mau berwirausaha ialah takut untuk memulai dan takut untuk rugi. Padahal, aspek keberhasilan dan kesuksesan baru akan didapat apabila kita mengalami kegagalan terus-menerus, menyikapinya dan mampu menutup celah kegagalan tersebut.

Dengan itulah, adanya peran penting kewirausahaan, yang bisa ikut serta membantu dalam menyadarkan masyarakat di Indonesia, di mana menjadi salah satu bukti jika wirausahawan adalah orang-orang yang hebat dan tidak boleh dipandang sebelah mata saja.

Wirausahawan adalah sosok yang mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga di sekitar dengan berbagai macam ide-ide brilian mereka.

5. Menyebarluaskan Semangat Inovasi dalam Bermasyarakat

Perlu kita ketahui sekarang ini, masyarakat Indonesia pola pikirnya cenderung tradisional. Mereka ingin melakukan sesuatu hal, dengan apa yang sudah terjadi pada zaman dahulu kala.

Padahal, bisa jadi ketentuan pada zaman dahulu itu, bisa benar, atau bahkan bisa juga salah. Maka dari itu, perlulah adanya semangat inovasi dalam pola pikir yang harus segera dicanangkan.

Mereka selalu terpaku bekerja ini itu. Mengapa mereka enggan untuk belajar cara pembuatan atau proses pembuatan, yang barangkali itu bisa menjadi salah satu jalan kesuksesan mereka?

Contoh saja jika produk jajanan ringan seperti keripik kentang. Apabila kita terpaku pada dunia atau pola pikir tradisional, hingga saat ini tentu yang muncul hanya jajanan kentang rasa original saja, yang kebanyakan konsumen akan bosan.

Berbeda apabila memiliki peluang cerdas dan inovasi yang tinggi. Boleh flashback ke belakang, namun itu sebagai bahan pembelajaran, bukan sebagai acuan atau tolok ukur. Gunakan ide untuk mewujudkan inovasi yang terbarukan.

Jika ide atau inovasi tersebut muncul, tentu akan banyak atau muncul beragam produk dari jajanan keripik kentang, seperti :
  • Keripik kentang pedas
  • Keripik kentang asin gurih
  • Keripik kentang barbeque
  • Keripik kentang keju
  • Keripik kentang cokelat
  • Keripik kentang vanilla
  • Keripik kentang green tea
  • Keripik kentang basah
  • dan lain sebagainya

Itulah peranan penting dari inovasi. Jangan terpaku dengan yang sudah ada, melainkan harus berani menciptakan suatu yang belum ada dan mungkin baru pernah ada jika wirausahawan berani menciptakannya yang pertama di Indonesia, bahkan dunia.

6. Membantu Memberikan Sumbangan Sosial

Tujuan kewirausahaan yang selanjutnya ialah mampu memberikan suatu bentuk apresiasi berupa sumbangan sosial kepada masyarakat, yang bisa dalam artian materi ataupun dalam bentuk fisik.

Dalam bentuk materi, contohnya seorang wirausahawan yang rela untuk menggelontorkan dana dalam mendirikan ruang pendidikan, ruang sosial, pembangunan-pembangunan desa yang jauh lebih merata seperti jalan desa, renovasi tempat ibadah, renovasi hunian yang sudah tidak layak dan lain sebagainya.

Sementara itu, dalam bentuk fisik, ikut andil atau ikut dalam bagian untuk menyejahterakan lingkungan tersebut. Hal ini berarti si wirausahawan selain menggelontorkan dana, mereka juga ikut terjun secara langsung dalam berpartisipasi.

Kesimpulan

Kesimpulan dari Tujuan Kewirausahaan
Kesimpulan dari Tujuan Kewirausahaan, via teachmag.com

Terlepas dari segala macam tugas, tujuan atau segala bentuk kegiatan yang dilakukan, masih ada banyak faktor yang dikaitkan dengan keberhasilan atau kegagalan wirausahawan terhadap usaha yang dilakukan.

Akan tetapi, dari semua faktor tersebut, tidak ada yang bisa menyaingi niat, tekad dan keyakinan pribadi yang mendalam, untuk mencapai segala bentuk tujuan, tugas atau bahkan komitmen yang teguh dalam melakukan apa yang dibutuhkan dan wajib diselesaikan.

Tanpa adanya kejelasan tujuan dalam berwirausaha, kemauan dalam mengejar tujuan akan hilang dengan rintangan yang tak terhitung berapa banyak jumlahnya.

Sukses bukanlah pilihan, melainkan suatu keharusan.

Wirausahawan sukses karena tujuan, tugas atau kegiatan yang mereka lakukan, mereka selalu fokus dengan ketiga aspek tersebut hingga lupa akan bagaimana caranya gagal.

Jadi, wirausahawan mempunyai komitmen tinggi terhadap setiap alur perjalanan tersebut, mereka senantiasa bertahan melewati berbagai macam rintangan dan hingga pada akhirnya bisa mendapatkan apa yang sudah direncanakan sebelumnya dengan matang.

Materi Kewirausahaan

Materi Sebelumnya Bab 1 : Pengertian Kewirausahaan Lebih Mendalam
Materi Selanjutnya Bab 3 : Manfaat Kewirausahaan
Materi Lengkap Materi Kewirausahaan (10 Bab)

0 Komentar 6 Tujuan Kewirausahaan dan Penjelasannya

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top