Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

11 Sep 2018

Pengertian Aqidah dan Ruang Lingkupnya

Aqidah menjadi ilmu pengetahuan yang digunakan dalam memahami segala bentuk perkara yang memiliki kaitan terhadap keyakinan kepada Allah SWT dan segala sifat-sifat kesempurnaan-Nya.

Aqidah yang benar merupakan aqidah yang didasarkan pada Al Quran dan As-Sunnah. Umat Islam sendiri diharuskan mempelajari dan mendalami ilmu aqidah, sehingga bisa menghindari berbagai macam perkara yang bisa membawa kepada penyelewengan aqidah kepada Allah SWT.

Pengertian Aqidah

Pengertian Aqidah
Aqidah, via hambaallah.net

A. Pengertian Aqidah secara Bahasa

Dalam bahasa Arab, aqidah berasal dari kata al-'aqdu yang berart ikatan, at-tautsiiqu yang berarti kepercayaan atau keyakinan yang kuat, al-ihkaamu yang berarti mengokohkan (menetapkan) dan ar-rabthu biquw-wah yang berarti mengikat dengan kuat.

B. Pengertian Aqidah Menurut Istilah

Sedangkan menurut istilah atau terminologi, aqidah adalah iman yang teguh dan pasti, yang sama sekali tak ada keraguan sedikitpun untuk orang-orang yang meyakininya.

Jadi, Akidah Islamiyyah merupakan keimanan yang teguh dan bersifat pasti terhadap Allah SWT dengan segala pelaksanaan kewajiban, bertauhid dan taat kepada-Nya, beriman kepada para malaikat-Nya, rasul-Nya, kitab-Nya, hari akhir, takdir baik dan buruk, serta mengimani segala apa yang sudah shih mengenai prinsip-prinsip agama (ushuluddin), perkara yang ghaib, beriman kepada apa yang sudah menjadi ijma' (konsensus) dari salafush shalih, serta seluruh berita-berita qath'i (yang pasti), baik itu secara ilmiah ataupun amaliyah yang sudah ditetapkan menurut dari Al Qur'an dan As-Sunnah yang shahih serta ijma' salaf as-shalih.

Dasar Aqidah

Dasar aqidah itu sendiri adalah ajaran Islam yang menjadi sumber-sumber hukum dalam Islam, yang ada pada Al Quran dan Al Hadits. Al Quran dan Al Hadits menjadi pedoman hidup dalam Islam yang menjelaskan banyak mengenai kriteria atau ukuran baik buruknya suatu perbuatan manusia.

Islam mengajarkan kepada seluruh umatnya untuk melakukan perbuatan yang baik dan selalu menjauhi perbuatan yang buruk. Ukuran baik dan buruk sudah diungkap dalam Al Quran.

Karena memang Al Quran menjadi firman Allah, maka kebenarannya haruslah diyakini oleh setiap umat muslim di seluruh belahan dunia.

Sementara itu, dasar aqidah yang kedua untuk seorang muslim adalah Al Hadits atau Sunnah Rasul.

Dalam memahami Al Quran lebih jauh lagi, maka umat Islam diperintahkan dalam mengikuti segala ajaran Rasulullah SAW, karena perilaku Rasulullah menjadi contoh yang nyata bisa dilihat dan dimengerti bagi setiap umat Islam.

Pengertian aqidah islam merupakan suatu bentuk kepercayaan dan keyakinan terhadap Allah SWT dengan meyakini mengenai :
  • Iman kepada Allah SWT
  • Iman kepada Malaikat
  • Iman kepada Kitab
  • Iman kepada Rasul
  • Iman kepada Hari Akhir
  • Iman kepada Qada dan Qadar

Ruang Lingkup Aqidah

  • Ilahiyat (pembahasan akan segala hal atau segala sesuatu yang memiliki hubungan dengan Ilahi, seperti wujud Allah dan sifat-sifat Allah, dan lain sebagainya)
  • Nubuwat (pembahasan mengenai segala sesuatu yang memiliki hubungan dengan Nabi dan Rasul, termasuk pembahasan mengenai Kitab Allah, mukjizat, dan lain sebagainya)
  • Rukhaniyat (pembahasan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan alam metafisika, seperti malaikat, jin, iblis, setan, roh, dan masih banyak yang lainnya)
  • Sam'iyat (pembahasan akan segala sesuatu yang hanya bisa diketahui melalui dalil naqli berupa Al Quran dan Sunnah, seperti halnya alam barzah, akhirat, azab kubur, tanda-tanda kimat, surga dan neraka, dan yang lainnya)

Tujuan Mempelajari Aqidah

  1. Untuk mengetahui petunjuk hidup yang benar dan bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sehingga hidup hanya untuk mencari keridhaan Allah SWT.
  2. Menghindarkan diri dari berbagai macam pengaruh kehidupan yang sesat atau bahkan jauh dari petunjuk hidup yang benar.
  3. Mampu meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.
  4. Bisa membersihkan akal dan pikiran dalam ketenangan jiwa.
  5. Mengikuti para Rasul akan segala bentuk tujuan dan perbuatannya.
  6. Bisa beramal baik hanya semata-mata karena Allah SWT.
  7. Ikhlas dan selalu menegakkan agamanya dan memperkuat tiang penyangganya.
  8. Mengharapkan kebahagiaan dunia dan kebahagiaan akhirat.

0 Komentar Pengertian Aqidah dan Ruang Lingkupnya

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top