Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

6 Sep 2018

Pengertian Iklan dan Penjelasannya (Lengkap)



Iklan tentu sudah merasuk ke dalam kehidupan manusia. Karena pada dasarnya, segala bentuk informasi yang tayang di media cetak, elektronik bahkan internet, semua itu memiliki iklannya masing-masing.

Salah satu contoh kecil saat sedang menonton tayangan televisi. Pasti ada jeda tersendiri yang disediakan selama beberapa menit yang dipergunakan untuk media iklan.

Tidak hanya itu saja, di dalam tayangan sepak bola misalnya, banyak iklan yang terpampang jelas di tayangan tersebut, mulai dari :
  • Iklan saat jeda pertandingan sepak bola
  • Iklan saat pertandingan sepak bola berlangsung, bahkan
  • Iklan yang terpampang di e-board (papan elektronik) stadion sepak bola

Semua yang ada di media, tentu semuanya ada iklan. Mengapa harus ada iklan? Karena memang fungsinya vital dan sangat penting dalam memasarkan suatu produk atau mempromosikannya.

Sudah tahu akan seluk beluk iklan, mari kita lihat secara lebih dalam sebernatnya apa sih pengertian iklan itu sendiri? Mengapa harus ada iklan di mana-mana?

Pengertian Iklan

Pengertian Iklan
Iklan, via spacecity.co.uk

Iklan atau pariwara merupakan segala bentuk pesan promosi, seperti halnya barang, jasa, tempat usaha, bahkan ide, yang disampaikan lewat media dengan ada biaya sponsor dan ditujukan kepada masyarakat luas agar tertarik untuk menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

Secara lebih singkatnya lagi, iklan adalah suatu komunikasi oleh seseorang ataupun perusahaan yang bertujuan untuk menarik atau memikat hati khalayak ramai (masyarakat).

Atau dengan kata lain, iklan merupakan informasi yang isinya membujuk banyak orang agar tertarik terhadap barang atau jasa yang telah ditawarkan tersebut.

Iklan sendiri sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis atau bagi si media pengiklan, karena :
  • Bagi pelaku bisnis, mereka bisa beriklan kepada banyak orang agar barang atau jasanya bisa dikenal oleh orang lain secara menyeluruh, dan
  • Bagi media pengiklan, mereka mendapatkan keuntungan dari pengiklan karena pengiklan tentu memberikan anggaran atau biaya untuk mengiklankan barang atau jasanya

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli & KBBI

Courtland L. Bovee

Menurut dari Courtland L. Bovee, iklan merupakan suatu komunikasi non-personal yang biasanya berbayar dan bersifat persuasif (mengajak) mengenai suatu produk, jasa, atau ide dari sponsor yang dimuat melalui berbagai media.

Kotler

Menurut dari Kotler, iklan merupakan bentuk penyajian dan promosi akan suatu barang, jasa dan ide, secara non-personal oleh sponsor tertentu, yang mana dalam penayangan biasanya harus membayar suatu media.

Rhenald Kasali

Menurut dari Rhenald Kasali, iklan merupakan suatu pesan yang menawarkan produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak ramai dengan melalui suatu media.

KBBI

Menurut dari KBBI, iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khayalak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan; pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Iklan Selalu Ada

Iklan akan selalu ada, bahkan hingga ada sebagian orang yang tak sadar jika itu merupakan sebuah iklan. Sekarang ini, penggunaan iklan di setiap media jauh lebih efektif untuk menyampaikan pesan atau iklan tersebut kepada orang banyak.

Banyak yang bisa dijadikan sebagai media iklan, seperti :
  • Media elektronik
    • Radio
    • Televisi
  • Media cetak
    • Majalah
    • Koran (surat kabar)
    • Komik
    • Jurnal
  • Internet
    • Sponsored content
    • Endorsement
  • Pamflet
  • Poster
  • Acara
  • Billboard

Efektivitas Iklan

Menurut dari efektivitas iklan itu sendiri, iklan bisa dibagi menjadi iklan efektif dan iklan tidak efektif.

A. Iklan Efektif

Iklan efektif merupakan iklan yang mampu menyampaikan informasi dari pemasang iklan terhadap penerima iklan. Faktor yang bisa menentukan keefektifan iklan itu sendiri ialah :
  1. Kepadatan materi
  2. Kesederhanaan dalam bahasa
  3. Penggunaan gambar yang sesuai dan tepat
  4. dan lain sebagainya

B. Iklan Tidak Efektif

Secara sederhana, iklan tidak efektif merupakan iklan yang tak bisa menyampaikan berbagai macam informasi dari pemasang iklan terhadap pembaca iklan. Hal ini bisa terjadi karena :
  1. Kata yang terlalu panjang
  2. Terlalu bertele-tele
  3. Bahasa yang begitu rumit
  4. Kurang dipahami oleh si penerima iklan

Iklan Jauh Lebih Canggih & Kreatif

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan demi menarik minat konsumen secara lebih jauh dan banyak, kegunaan atau pemanfaatan iklan itu sendiri bahkan jauh lebih hebat.

Mengapa? Karena semakin ke sini, masyarakat semakin tak sadar jika itu merupakan sebuah iklan, bukanlah konten, yang pada akhirnya, masyarakat bisa terbujuk untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh si pengiklan tersebut.

1. Endorsement

Salah satu konten iklan yang lebih canggih dan efektif ialah endorsement.

Dengan adanya endorsement, biasanya para followers atau pengguna internet harus membaca atau mengidentifikasi terlebih dahulu akan apa yang dimuat.

Para pengguna mengira jika itu adalah konten biasa yang dimuat. Padahal, ternyata itu adalah endorsement. Yang paling populer penggunaan endorsement ini adalah di Instagram.

Dengan endorsement, ekspansi iklan itu sendiri lebih mudah karena masyarakat tertarik akan konten visual (bergambar), dibandingkan harus mendengar.

2. Promoted Content / Sponsored Content

Banyak di internet yang mana konten itu sendiri ternyata bukanlah sebuah konten biasa, melainkan konten yang sudah terselubung oleh iklan di dalamnya dan dinamakan dengan promoted content.

Misal jika di dalam suatu artikel, membahas mengenai "jenis-jenis cokelat". Memang benar jika di dalamnya membahas mengenai cokelat, namun di bagian tengah atau akhir, biasanya akan disisipi suatu produk yang berkaitan dengan cokelat, untuk mendorong pembaca agar tertarik dengan produk cokelat yang ditawarkan.

Tidak berhenti di situ saja, masih ada di YouTube. Semisal, video tersebut membahas "daftar smartphone yang cocok untuk budget Rp 2 jutaan", tapi jika kita melihat dengan teliti, ternyata di bagian akhir disisipi oleh 1 smartphone yang memiliki pembahasan super lengkap dan YouTuber condong mengarahkan viewers akan smartphone tersebut dibandingkan smartphone serupa yang lainnya.

Materi Iklan
Materi Selanjutnya Bab 2 : Tujuan Iklan
Materi Lengkap Materi Iklan

0 Komentar Pengertian Iklan dan Penjelasannya (Lengkap)

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top