Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

16 Sep 2018

4 Proses Evolusi Bumi yang Wajib Kamu Tahu



Apakah kamu pernah mendengar kata evolusi?

Evolusi merupakan suatu perkembangan makhluk hidup, yang terjadi secara bertahap, dari bentuk yang paling sederhana, hingga bentuk yang rumit. Hasil evolusi ini sendiri nantinya akan terlihat begitu berbeda dengan bentuk yang asli.

Sebagai salah satu contohnya, manusia purba. Manusia purba mengalami evolusi yang sangat lama dalam menjadi manusia yang seperti sekarang ini.

Tidak hanya manusia purba saja, bahkan ada juga benda-benda lain yang mengalami evolusi dalam jangka waktu rautsan bahkan hingga ribuan tahun lamanya. Bahkan, bumi sendiri juga mengalami proses atau masa evolusi.

Masing-masing periode itu sendiri ditandai oleh adanya peristiwa alam yang terjadi pada kala itu. Sementara itu, berikut kita akan membahas sebanyak 4 proses evolusi bumi yang terjadi.

Proses Evolusi Bumi

Proses Evolusi Bumi
Proses Evolusi Bumi, via adhi.dbagus.com

1. Azoikum/Arkean/Arkeozoikum

Periode : berlangsung sekitar 2500 juta tahun yang lalu

Dalam bahasa Yunani, a berarti tidak dan zoon berarti hewan. Jadi, zaman sebelum adanya kehidupan. Untuk saat ini, bumi sendiri baru terbentuk dengan suhu yang relatif tinggi.

Di zaman ini, mempunyai ciri-ciri kulit bumi yang masih sangat panas dan belum stabil, karena masih mempunyai suhu atau temperatur yang terbilang sangat tinggi.

Memang benar adanya belum ada kehidupan, karena bumi sendiri masih dalam suatu proses pembentukan menjadi suatu bentuk yang padat.

Di zaman ini memiliki sebanyak 4 era, berturut-turut dari yang paling awal :
  • Eoarkean
  • Paleoarkean
  • Mesoarkean
  • Neoarkean

2. Paleozoikum

Periode : berlangsung sekitar 541 hingga 252,17 juta tahun yang lalu

Dinamakan juga dengan zaman purba tertua. Di masa yang terjadi ini, sudah meninggalkan fosil flora maupun fauna. Masa ini bisa dikatakan sebagai masa di mana perubahan geologi, iklim dan evolusi begitu dramatis.

Di zaman ini, masih belum stabil dan masih terus menerus berubah-ubah, yang mana bumi secara perlahan berangsur-angsur menjadi dingin, dengan ditandainya sudah ada kehidupan.

Tanda-tanda kehidupan yang ada yakni makhluk hidup bersel satu atau mikroorganisme. Di zaman akhir paleozoikum sudah muncul berbagai macam reptil sederhana, seperti kura-kura. Tak ketinggalan tumbuhan yang muncul adalah jenis paku-pakuan.

3. Mesozoikum

Periode : berlangsung sekitar 252 hingga 66 juta tahun yang lalu

Dinamakan dengan zaman purba tengah. Untuk masa ini, hewan mamalia (menyusui), hewan amfibi, burung dan bahkan tumbuhan berbunga sudah mulai ada.

Zaman ini ditandai dengan terbentuknya cekungan laut atau geosinklinal yang sudah terisi oleh adanya endapan yang tebal dengan meluasnya tumbuhan berjenis paku-pakuan.

Di zaman mesozoikum, iklim sudah kian jauh lebih baik, walaupun suhu yang terjadi juga kadang masih berubah-ubah alias tidak stabil. Curah hujan sudah berkurang, sungai besar dan danau banyak yang mengalami kekeringan. Muncul pepohonan besar dan hewan banyak hidup di daratan.

Ada juga reptil yang sangat besar, contohnya dinosaurus hingga 12 meter dan tiranosaurus mencapai 30 meter.

Oleh karena itu, di zaman ini disebut juga dengan zaman reptil. Di akhir zaman mesozoikum itu sendiri, hewan dengan jenis mamalia sudah ada.

4. Neozoikum/Senozoikum/Kenozoikum

Periode : berlangsung sekitar 65,5 juta tahun yang lalu hingga sekarang

Dinamakan dengan zaman purba baru, yang mana dimulai semenjak 60 juta tahun yang lalu. Zaman ini sendiri dibagi lagi menjadi 2 tahap, yakni :

Zaman Paleogen

Zaman paleogen menjadi saat pertama berkembangnya mamalia dari jumlah yang sedikit dan bentuk yang sederhana, kian mewabah menjadi begitu beragam.

Beberapa mamalia tersebut berevolusi menjadi bentuk yang jauh lebih besar yang mendominasi daratan dan ada juga yang berevolusi yang mampu hidup di lingkungan lautan, daratan khusus, hingga di udara.

Zaman paleogen sendiri juga dibagi lagi menjadi beberapa masa, seperti :
  1. Zaman paleosen
  2. Zaman eosen
  3. Zaman oligosen

Pada zaman ini, telah berkembang binatang-binatang yang menyusui, reptil-reptil raksasa yang juga secara lambat laun sudah lenyap.

Zaman Neogen

Di zaman ini, mamalia dan burung berevolusi cukup cepat, genus Homo juga sudah mulai muncul di periode yang satu ini. Bentuk kehidupan lain, relatif tak berubah.

Zaman neogen sendiri dibagi menjadi beberapa zaman atau masa, yakni :
  1. Zaman miosen
  2. Zaman pliosen
  3. Zaman pleistosen

0 Komentar 4 Proses Evolusi Bumi yang Wajib Kamu Tahu

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top