Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

16 Nov 2018

(Part 2) Cara Membuka File Database SQL Server



Sebelum kita melakukan eksekusi query di SQL lebih jauh atau lebih dalam lagi, maka step atau langkah awal yang harus dilakukan ialah menyiapkan database terlebih dahulu.

Database (basis data) merupakan sekumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematis, sehingga mampu diperiksa menggunakan suatu program komputer dalam mendapatkan informasi dari database tersebut.

Di dalam database, terdiri atas banyak tabel yang mana masing-masing tabel di dalamnya terdapat baris dan kolom yang mengandung banyak informasi untuk diolah.

Cara Membuka File Database SQL Server

Cara Membuka File Database SQL Server

Sebelum menuju ke langkah yang selanjutnya, langkah paling awal adalah menyiapkan database terlebih dahulu dengan ekstensi sql. Apabila belum memilikinya, maka sudah disiapkan database di bawah ini.
Ukuran file database tersebut hanya sekitar 2 MB saja. Silakan diunduh untuk mulai belajar dan menuju ke langkah selanjutnya.

Berikut ini langkah-langkah membuka file database SQL Server :
  1. Silakan buka program SQL Server Management Studio yang Anda miliki
  2. Connect ke server
  3. Setelah itu, klik file yang ada di pojok kanan atas, klik open dan file (bisa juga menggunakan shortcut Ctrl + O)
  4. Cari file database SQL Server Northwind yang sudah diunduh tadi dan klik open
  5. Belum selesai sampai di sini, selanjutnya akan muncul banyak query. Klik execute untuk mengeksekusi database tersebut
  6. Setelah itu, pada tulisan Databases yang terletak di panel kiri object explorer, silakan lakukan :
    1. Klik kanan pada tulisan Databases
    2. Klik refresh
  7. Klik tanda + yang ada di sebelah kiri tulisan Databases
  8. SQL Server Northwind berhasil dieksekusi dengan berjalan baik dan lancar

Sebenarnya itu langkah dasar untuk membuka file database di SQL Server. Akan tetapi, masih ada secuil langkah lagi yang mungkin bisa membantu di kemudian hari.
  1. Setelah file database berhasil dibuka, selanjutnya klik New Query
  2. Pada kolom available databases (atau tekan Ctrl + U), pilih ke database Northwind

Langkah tersebut sebenarnya sangat memudahkan pengoperasian atau pengeksekusian query, agar bisa berjalan dengan baik dan terfokus pada database yang akan digunakan, yakni database Northwind.

Apabila Anda ingin melakukan eksekusi pada database Northwind, namun available databases-nya bukan Northwind, tentu tak akan bisa dieksekusi, mengalami error.

Intinya, jika ingin menggunakan database Northwind, maka ubah available databases ke Northwind. Sama halnya jika ingin menggunakan database A, ubah available databases ke database A, begitu seterusnya.

Setelah langkah yang awal ini berjalan lancar, maka mari belajar lagi ke bagian yang selanjutnya untuk memperdalam Microsoft SQL Server.

0 Komentar (Part 2) Cara Membuka File Database SQL Server

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top