Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

15 Nov 2018

(Part 1) Pengertian dan Pengenalan Microsoft SQL Server



SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language. Microsoft SQL Server merupakan sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk dari Microsoft. Bahasa utamanya merupakan Transact-SQL yang menjadi implementasi penting dari SQL standar ANSI/ISO yang dipergunakan oleh Microsoft dan Sybase.

Pada umumnya, SQL Server ini digunakan dalam dunia bisnis yang mempunyai basis data berskala kecil hingga skala menengah. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, selanjutnya berkembang dengan digunakannya SQL Server di basis data dengan cakupan yang besar.

SQL Server itu sendiri kadang disebut dengan MSSQL dan Microsoft SQL Server.

SQL menjadi standar dari American National Standards Institute (ANSI) tepat di tahun 1986 dan menjadi International Organization for Standardization (ISO) di tahun 1987.

Sejarah Singkat SQL Server

Microsoft SQL Server
Microsoft SQL Server, via savovic.com.hr

Pada awalnya, SQL Server dirilis pada tahun 1989 versi 1.0 oleh Microsoft bersama dengan Sybase. Akan tetapi, kerja sama antara Microsoft dan Sybase tak berlangsung lama.

Kerja sama mereka bubar pada awal tahun 1990-an dan Microsoft berhasil mendapatkan hak atas nama dagang SQL Server. Semenjak saat itulah, Microsoft sudah merilis banyak versi SQL Server, seperti :
  • SQL Server 2000
  • SQL Server 2005
  • SQL Server 2008
  • SQL Server 2008 R2
  • SQL Server 2012
  • SQL Server 2014
  • SQL Server 2016
  • SQL Server 2017

SQL Server ditawarkan dalam beberapa edisi dengan fitur dan opsi harga yang berbeda dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan pengguna, seperti :
  1. Enterprise. Dirancang bagi perusahaan berskala besar dengan persyaratan data yang rumit, gudang data dan database berbasis web. Opsi ini menyediakan semua fitur SQL Server dan memiliki harga yang paling mahal.
  2. Standard. Dirancang bagi organisasi berskala kecil dan menengah, juga mendukung bagi e-commerce dan gudang data.
  3. Workgroup. Dirancang bagi organisasi kecil. Tidak ada ukuran atau batasan pengguna dan bisa digunakan sebagai backend database untuk web server skala kecil atau kantor cabang.
  4. Express. Gratis untuk didistribusikan. Memiliki jumlah fitur yang sedikit alias terbatas. Opsi ini bisa digunakan sebagai pengganti database Microsoft Access.

Arsitektur SQL Server

Lapisan protokol mengimplementasikan antarmuka eksternal ke SQL Server. Semua operasi yang ditentukan oleh Microsoft dinamakan dengan Tabular Data Stream (TDS). TDS merupakan protokol lapisan aplikasi yang dipergunakan dalam melakukan transfer data antara server database dan client.

Pada awalnya, dirancang dan dikembangkan oleh Sybase Inc. untuk digunakan sebagai mesin database relasional pada Sybase SQL Server di tahun 1984.

Selanjutnya, Microsoft berhasil mendapatkan hak dagang tersebut yang membuatnya paket TDS dibungkus pada protokol yang bergantung terhadap transfer data fisik yang lain, termasuk juga TCP/IP, named pipes dan shared memory.

Apa yang Bisa Dilakukan dengan SQL Server?

  • SQL mampu mengeksekusi query di dalam database
  • SQL mampu mengambil data dari sebuah database
  • SQL mampu menyisipkan catatan di sebuah database
  • SQL mampu memperbarui catatan di sebuah database
  • SQL mampu menghapus catatan di sebuah database
  • SQL mampu membuat database baru
  • SQL mampu membuat tabel baru di sebuah database
  • SQL mampu mengatur hak akses pada tabel, prosedur dan tampilan

Apa itu RDBMS?

RDBMS merupakan singkatan dari Relational Database Management System.

RDBMS menjadi basis untuk SQL dan untuk semua sistem database modern seperti halnya Microsoft SQL Server, IBM DB2, Oracle, MySQL dan Microsoft Access.

Data yang ada di dalam RDBMS disimpan ke dalam objek database yang dinamakan dengan tabel. Tabel merupakan kumpulan entri data yang saling berkaitan satu sama lain di mana terdiri atas kolom dan baris.

Setiap tabel dipecah kembali menjadi entitas yang lebih kecil, dinamakan dengan field. Contoh field atau bidang di dalam tabel Customers, mencakup CustomerID, CustomerName, ContactName dan lain sebagainya.

Record (row) atau baris, merupakan setiap entri individual yang terdapat di dalam tabel. Ada juga column (kolom) yang merupakan entitas vertikal pada tabel yang berisikan semua informasi yang terkait dengan field tertentu pada sebuah tabel.

0 Komentar (Part 1) Pengertian dan Pengenalan Microsoft SQL Server

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top