Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

8 Dec 2018

Pengertian Asma'ul Husna dan Penjelasannya



Islam memang merupakan ajaran yang indah.

Islam menjadi agama yang menyebarkan kebajikan, kedamaian dan menolak segala bentuk perpecahan/pertikaian.

Sementara itu, jika dilihat ke belakang, Islam merupakan agama terakhir, sekaligus menjadi penyempurna agama-agama yang sebelumnya.

Di dalam Islam, kita mengenal yang namanya Asma'ul Husna. Lantas, apa pengertian Asma'ul Husna itu sendiri?

Pengertian Asma'ul Husna


Pengertian Asma'ul Husna
Allah SWT, via muslim.or.id

Asma'ul Husna terdiri atas 2 kata, yakni :
  • Asma, yang berarti nama-nama
  • Husna, yang berarti baik atau indah

Jadi, bisa dikatakan jika Asma'ul Husna merupakan nama-nama yang baik nan indah, yang hanya dimiliki oleh Allah SWT, sebagai salah satu bukti keagungan-Nya.

Sedangkan kata Asma'ul  Husna itu sendiri diambil dari ayat Al Quran, QS Taha ayat 8, yang berbunyi :

Quran Surat Taha, ayat 8
Quran Surat Taha, ayat 8, via tafsirq.com

Yang berarti, "Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang baik),"

Ulama Banyak Membahas Mengenai Asma'ul Husna


Semenjak dulu kala, para ulama sudah banyak membahas dan menafsirkan nama-nama tersebut, karena nama-nama Allah merupakan alamat kepada Dzat yang harus diibadahi dengan sebenar-benarnya.

Walaupun memang sedikit timbul perbedaan pendapat mengenai arti, makna dan penafsiran, namun Asma'ul Husna tidak boleh disalahgunakan penggunaannya.

Tidak Ada 1 Hal Pun yang Bisa Disetarakan dengan Allah SWT


Asma'ul Husna secara harfiah merupakan nama-nama, gelar, sebutan Allah yang baik dan agung, sesuai dengan sifat-sifat-Nya.

Nama-nama Allah yang agung nan mulia tersebut menjadi satu kesatuan yang menyatu dalam kebesaran dan kehebatan milik Allah SWT.

Para ulama berpendapat jika kebenaran menjadi konsistensi dengan kebenaran yang lain.

Dengan cara tersebut, maka umat Muslim tak akan mudah menuliskan, "Allah adalah ...", karena tak ada 1 hal pun yang mampu disetarakan dengan Allah SWT, namun harus bisa dimengerti dengan hati dan keterangan Al Quran mengenai Allah SWT.

Semua kata yang ditujukan kepada Allah harus dipahami benar-benar keberadaannya dengan penggunaan secara wajar kata-kata tersebut.

Allah tak bisa dimisalkan atau dimiripkan dengan segala sesuatu, seperti yang telah tercantum di dalam surat Al Ikhlas ayat 1-4, yang berbunyi :

Quran Surat Al Ikhlas
Quran Surat Al Ikhlas, via tafsirq.com

Yang berarti, "Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."

Para ulama menekankan jika Allah menjadi suatu nama kepada Dzat yang pasti ada namanya. Semua nilai kebenaran mutlak hanya ada (dan bergantung) pada-Nya.

Dengan demikian, Allah Yang Memiliki Maha Tinggi. Akan tetapi, juga Allah Yang Memiliki Maha Dekat.

Allah Memiliki Maha Kuasa dan Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Sifat-sifat Allah dijelaskan dengan istilah Asma'ul Husna, yakni nama-nama, gelar atau sebutan yang baik.

0 Komentar Pengertian Asma'ul Husna dan Penjelasannya

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top