Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

3 Dec 2018

Tujuan dan Tugas Dibentuknya BPUPKI



BPUPKI merupakan singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, atau di dalam bahasa Jepang dinamakan dengan Dokuritsu Junbi Chosakai.

BPUPKI adalah suatu badan yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan balatentara Jepang.

BPUPKI sebenarnya sudah diumumkan oleh Kumakichi Harada, tepat di tanggal 1 Maret 1945. Namun, badan ini baru benar-benar diresmikan di tanggal 29 April 1945, yang bertepatan dengan ulang tahun Kaisar Hirohito.

Tujuan dan Tugas BPUPKI


Tujuan dan Tugas BPUPKI
Pendudukan Jepang di Indonesia, via dcstamps.com

Tujuan Pembentukan BPUPKI


Tujuan atau latar belakang dibentuknya BPUPKI adalah :
  • Menarik simpati seluruh rakyat Indonesia, agar mau membantu Jepang dalam perang melawan Sekutu, dengan cara memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia, di mana politik kolonial didirikan pada tanggal 1 Maret 1945.
  • Mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting yang berhubungan atau berkaitan dengan pembentukan Negara Indonesia merdeka atau mempersiapkan segala hal penting tentang tata pemerintahan Indonesia merdeka.

Tugas BPUPKI


Secara garis besar, BPUPKI dibentuk untuk "menyelidiki hal-hal yang penting sekaligus menyusun rencana mengenai persiapan kemerdekaan Indonesia", seperti yang termaktub pada Maklumat Gunseikan (Kepala Pemerintahan Militer merangkap Kepala Staf) Nomor 23.

Dengan adanya badan ini, Jepang ingin rakyat Indonesia membantu mereka dan Jepang juga siap membantu proses kemerdekaan Indonesia.

Mengapa Jepang Membutuhkan Bantuan Indonesia?


Diketahui Jepang memberikan janji kemerdekaan terhadap Bangsa Indonesia, karena pada saat terjadinya Perang Pasifik tanggal 18 Juli 1944, Jepang dalam keadaan yang begitu terdesak.

Mengapa terdesak? Karena banyak pasukan Jepang yang sudah gugur dan tak ada lagi pilihan lain untuk memberi janji kepara Indonesia.

Janji tersebut diberikan kepada Indonesia agar rakyat Indonesia mau membantu Jepang dalam Perang Pasifik melawan Sekutu yang hampir memenangkan perang tersebut.

Asal-usulnya begini.

Angkatan Laut Jepang melakukan serangan secara mendadak terhadap Armada Pasifik Angkatan Laut Amerika Serikat yang sedang berlabuh di Pangkalan AL Pearl Harbor, Hawaii, tepatnya di hari Minggu pagi, pada tanggal 7 Desember 1941.

Serangan secara mendadak yang dilakukan oleh Jepang kepada Amerika Serikat tersebut dinamakan dengan Pengeboman Pearl Harbor.

Serangan oleh Jepang itulah yang memicu keikutsertaan atau keterlibatan Amerika Serikat secara langsung di dalam Perang Dunia II.

Sebenarnya, Jepang tidak ingin Amerika Serikat masuk ke dalam perang, karena pada saat itu, Amerika Serikat mempunyai angkatan laut terkuat.

Jepang menyimpulkan jika Pacific Fleet dihancurkan, Amerika Serikat menjadi hilang semangat dan tak ingin berperang.

Namun, dengan adanya Perang Pasifik tersebut, beberapa negara yang sebelumnya pernah dijajah oleh negara Eropa, berhasil mendapatkan kemerdekaan, salah satunya Indonesia.

0 Komentar Tujuan dan Tugas Dibentuknya BPUPKI

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top