Ciptakan Habits Baru Keseruan Belajar Melalui Aplikasi Belajar Online


Platform belajar bagi banyak orang layaknya seperti suatu kebutuhan.

Sedikit kilas balik dengan cara dan gaya belajar 5 tahun ke belakang, selain didominasi oleh sekolah, biasanya anak-anak akan mendapatkan pembelajaran melalui lembaga bimbingan belajar (bimbel).

Gaya belajar konvensional ini memaksa anak-anak untuk datang ke lokasi bimbel, yang notabene menguras waktu, tenaga, dan biaya transportasi.

Peran digitalisasi sendiri telah mengubah segalanya, terutama dalam business transformation pendidikan yang sekarang telah beralih ke online-based.

Business transformation dari offline ke online, menjadi salah satu pertanda untuk mengubah lifestyle kita dalam belajar.

Apalagi dinamika pendidikan yang awalnya cenderung stagnan, adanya pandemi ini semua arus belajar berubah secara drastis, hingga 180 derajat untuk mengalihkan cara belajarnya melalui media online.

Banyak Platform sebagai Media Belajar

Di era digital ini semakin menjamur platform-platform belajar yang dapat digunakan oleh pengajar maupun peserta didik. Aplikasi tersebut, seperti:
  • WhatsApp
  • Google Classroom
  • Google Meet
  • Edmodo
  • Schoology
  • Learning Management System (LMS)
  • dan lainnya
Tidak dipungkiri, platform-platform di atas memang memiliki kebutuhan dan karakteristiknya masing-masing untuk dipergunakan. Masing-masing ada tujuannya tersendiri dan belum bisa disamaratakan.

Semakin banyaknya platform, tidak dapat dipungkiri jika anak-anak selain harus belajar materi juga harus disibukkan untuk terbiasa menggunakan platform.

Harus Ada "One-Stop" Platform

Zaman yang bergerak dinamis, memang mau tidak mau semua orang yang menggunakan layanan harus bisa menggunakannya secara terampil, hal ini berkaitan erat dengan yang namanya "keterampilan penguasaan teknologi".

Platform-platform di atas hanya berguna untuk provide layanan untuk digunakan saja, tidak lebih dari itu.

Maksudnya, tidak ada fitur-fitur tambahan untuk dijadikan sebagai media belajar.

Dibutuhkan yang namanya one-stop platfor m, salah satu platform yang memiliki fitur khas seperti ini adalah ruangbelajar.

Apa itu ruangbelajar?


ruangbelajar adalah layanan belajar online terbaik dan terlengkap di Indonesia yang dapat digunakan sebagai referensi belajar mandiri dengan puluhan ribu video belajar dan latihan soal.

Apa serunya? Di dalam aplikasi layanan ruangbelajar terdapat animasi, bisa di-download dan tentunya hemat kuota.

Seperti yang kita ketahui, kemampuan belajar dan menyerap ilmu masing-masing anak-anak tentu berbeda-beda. Adanya ruangbelajar memungkinkan anak-anak untuk menyerap ilmu sebanyak mungkin menggunakan metode visualisasi yang telah disisipkan di dalamnya.

Setidaknya, ada 5 manfaat istimewa mengapa anak-anak wajib menggunakan layanan ruangbelajar:
  1. Terdapat hingga puluhan ribu video belajar beranimasi
  2. Ada fitur latihan soal
  3. Belajar lebih seru menggunakan media infografis
  4. Tidak terbatas secara online, melainkan dapat diakses secara offline
  5. Bisa menggunakan banyak fitur premium
Selain itu, ruangbelajar juga tersedia melalui platform desktop yang dapat diunduh secara gratis melalui sistem operasi Windows maupun Mac.

Seni Belajar yang "Lebih Baru"

Di zaman yang semua sudah serba online, tidak bisa dipungkiri terhambat juga oleh orang tua.

Maksudnya orang tua? Orang tua kerap kali fokus pada pekerjaannya, kurang penguasaan terhadap materi-materi yang sekarang, dan kurang terampil dalam penggunaan teknologi.

Maka dari itu, yang biasanya sekarang anak-anak sudah dipegangi smartphone, alangkah baiknya agar tidak digunakan untuk bermain game, maka ciptakan culture baru yakni gerakan semangat belajar mulai dari jarinya sendiri.

Anak-anak yang notabene masih suka dengan permainan, menggunakan ruangbelajar bisa belajar sekaligus bermain, sehingga pikiran "jenuh akan belajar" tidak akan muncul di dalam pikiran anak-anak.

Dengan memaksimalkan platform belajar kepada anak-anak, secara tidak langsung kita juga mengedukasi kepada anak-anak bahwasannya:
Smartphone bukan hanya alat teknologi untuk berkomunikasi, melainkan juga bisa digunakan sebagai membantu anak-anak belajar dalam meraih cita-citanya.

Jika mungkin Anda sebagai orang tua belum butuh platform semacam ini, sebaiknya tanyakan kepada anak Anda mengenai cita-citanya. Pasti terlontar jawaban yang mulia:

  • Ingin jadi dokter
  • Ingin jadi insinyur
  • Ingin jadi polisi
  • Ingin jadi tentara
  • Ingin jadi pebisnis
  • Ingin jadi manager
  • dan masih banyak lainnya
Selagi anak-anak, selagi itulah pikirannya masih mudah dibentuk. Maka dari itu, bentuklah pikirannya sedini mungkin untuk meraih hal-hal yang positif, dimulai dari cara belajarnya sendiri.

Ajari anak belajar dan menggunakan platform yang positif, sehingga anak lupa akan game-nya dan bisa menjadikan kegiatan belajar bagi dirinya adalah habit yang tidak boleh ditinggalkan.

Bagaimana, seru bukan?

Apalagi, kesuksesan anaknya bergantung secara penuh terhadap bagaimana upaya orang tua dalam mendidik anaknya. Jika anaknya berhasil kelak, tentu orang tua mana yang tidak bahagia?

0 Response to "Ciptakan Habits Baru Keseruan Belajar Melalui Aplikasi Belajar Online"

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel