Hati-hati! Bahaya Akses Token untuk Akun Facebook Anda

Hati-hati! Ternyata, Akses Token (Access Token) Akun Facebook Anda akan sangat berbahaya jika disalahgunakan! – Akses Token memang hal yang tidak asing bagi orang yang sering menautkannyaa ke aplikasi pihak ketiga dari Facebook. Setiap pengaksesan aplikasi terhadap pengguna facebook, pasti akan muncul (lisensi) perjanjian/persetujuan antara pengguna maupun aplikasi tersebut. Terlebih, Akses Token hal yang sangat fatal dan tidak boleh disebarluaskan orang lain.

Tentang Akses Token Facebook

Apa itu sebenarnya Akses Token? Akses Token merupakan salah satu kode keamanan yang privasinya sangat rahasia di mana akses token itu sendiri merupakan salah satu syarat persetujuan untuk menghubungkan aplikasi pihak ketiga yang ada di Facebook. Proses ini tentu akan membutuhkan persetujuan dan tidak boleh orang lain mengetahuinya.
Akses Token akan berbahaya jika Ada seseorang menggunakan Token akun Facebook Anda dan menyalahgunakannya. Semisal, jika anda ingin mencoba aplikasi pihak ketiga seperti (Status Via Apa Saja) maka, si pembuat aplikasi akan mengetahui Token milik Anda. Dan kapanpun saja, si pembuat aplikasi dapat mengakses akun anda tanpa harus login terlebih dahulu dan biasanya sering SPAM atau membuat status yang tidak perlu dan tidak diinginkan.

Beberapa Jenis Akses Token

Pada laman pengembang (developer) Facebook, ada beberapa jenis-jenis akses token yang perlu kalian ketahui, seperti :
  • Akses Token Pengguna
Akses Token pengguna ini merupakan salah satu token yang sangat umum dan dapat dilakukan jika si pengguna facebook ingin menautkannya ke dalam sebuah aplikasi facebook. Biasanya, diperlukan persetujuan sebelum aplikasi dapat dijalankan.
  • Akses Token Aplikasi
Akses Token ini digunakan untuk memodifikasi dan membaca segala pengaturan aplikasi. Anda mendapatkan akses token aplikasi ini dapat dengan melalui Server ke Server.
  • Akses Token Halaman
Akses Token ini hampir mirip dengan Akses Token Pengguna namun di sini berguna untuk memodifikasi dan membaca data-data halaman-halaman facebook (fanspage). Untuk mendapatkan akses token halaman, Anda dapat meminta izin melalui Manage Pages.
  • Klien Token
Klien Token ini salah satu alat identifikasi yang dapat Anda masukkan ke dalam Binary Ponsel Asli atau Desktop untuk mengidentifikasi mengenai aplikasi-aplikasi yang Anda gunakan.

Akses Token Pengguna Facebook ‘Sangat Berbahaya’ jika Disalahgunakan!

Percaya atau tidak, banyak sekali pengguna facebook terutama para pengakses yang menggunakan desktop untuk bermain ria bersama facebook. Tanpa kita sadari, banyak aplikasi yang membuat kita ketagihan yang terkadang ingin kita jalankan. Namun, memang persyaratan utamanya adalah mengkoneksikannya dengan Akun Facebook milik kita sendiri.
Diantara banyak aplikasi yang memikat hati untuk digunakan, tidak sedikit pula yang melakukannya demi kejahatan untuk mendapatkan Akses Token (Akses Token Pengguna) Facebook Anda untuk disalahgunakan. Salah satunya adalah membuat status yang tidak diinginkan karena si pembuat aplikasi ingin mencari untung dengan mencuri data kita untuk login.
2 contoh sederhana akses token yang membahayakan :
  1. Auto Like (Aplikasi penambah like status dan foto yang tentu akan membuat kita tergiur).
  2. Status via apa saja (Aplikasi yang membuat status lebih canggih seperti membuat status melalui Blackberry Bold, iPhone dan sebagainya).
Jadi, mulai sekarang, hindarilah memakai aplikasi yang tidak diperlukan dan tidak menambah manfaat. Tinggalkan atau akun facebook anda akan menjadi salah satu korban keganasan yang disalahgunakan.
Untuk informasi lainnya mengenai token, sosmed atau lainnya, silakan kunjungi halaman utama saya. Di sana banyak sekali informasi bermanfaat untuk kalian.