6 Langkah Mengelola Uang dengan Bijak

Apakah Anda memiliki kepercayaan diri untuk mengelola uang Anda, atau apakah Anda merasa sulit untuk menganggarkan dan merencanakan bagaimana membelanjakan dan menyimpan penghasilan Anda dengan bijak? Jika yang terakhir, Anda tidak sendirian.

Menurut Jaringan Kesehatan Keuangan, 70% individu berjuang untuk mencapai stabilitas keuangan karena tantangan membayar tagihan tepat waktu, membayar utang, dan menabung. Mengelola uang membutuhkan waktu dan usaha, tetapi ketenangan pikiran finansial yang dihasilkannya sangat bermanfaat. Berikut adalah beberapa tips bermanfaat untuk mulai mengelola uang Anda secara efektif untuk memberikan stabilitas keuangan.

 Turunkan Pengeluaran Bulanan Anda

Bagian yang paling menantang dari pengelolaan uang bagi banyak orang adalah mengubah kebiasaan belanja mereka agar memiliki cukup uang untuk membayar tagihan tepat waktu dan memiliki sisa uang dari setiap gaji untuk ditabung. Cara sederhana untuk menurunkan pengeluaran bulanan Anda adalah dengan membuang kebiasaan pengeluaran yang tidak perlu dan impulsif untuk membantu Anda menghemat lebih banyak uang setiap bulan.

Mulailah dengan meninjau langganan dan keanggotaan bulanan Anda. Apakah Anda benar-benar perlu berlangganan setiap saluran streaming, atau dapatkah Anda memilih satu layanan dan menyimpan dengan memotong sisanya? Bagaimana dengan gimnasiumnya? Jika Anda tidak pergi setidaknya dua kali seminggu, Anda dapat menghemat dengan mengubah rencana kelas tak terbatas atau berolahraga dengan video di komputer di rumah. Bisakah Anda memotong tagihan telepon Anda dengan mengubah paket atau penyedia Anda saat ini ke yang lebih terjangkau?

Ketika asuransi mobil Anda siap untuk diperbarui, lihat apakah ada opsi yang lebih terjangkau. Jika Anda seorang pemilik rumah, lihat apakah Anda dapat menabung dengan menggabungkan asuransi Anda. Hemat di supermarket dengan menulis daftar belanjaan dan menaatinya. Menurunkan pengeluaran bulanan Anda adalah tentang menemukan di mana Anda menghabiskan tidak perlu dan menghilangkan pengeluaran tersebut untuk menghemat lebih banyak uang setiap bulan.

Lunasi Hutang Anda

Hutang adalah beban keuangan yang sangat besar dan dapat berdampak negatif pada masa depan Anda jika Anda tidak mengelolanya dengan baik. Menjadi bebas utang mungkin tampak di luar jangkauan, tetapi seiring waktu, Anda dapat membayar utang secara strategis menggunakan strategi pembayaran utang.

Strategi pembayaran hutang termasuk metode Snowball dan Avalanche. Hal terpenting yang harus diingat ketika Anda memiliki hutang adalah melakukan pembayaran tepat waktu setiap bulannya. Riwayat pembayaran menyumbang 35% dari skor kredit Anda. Pembayaran yang terlambat akan berdampak negatif pada nilai kredit Anda dan dapat bertahan di laporan kredit Anda hingga 7 tahun.

Buat dan Manfaatkan Rencana Anggaran

Membuat anggaran akan membantu Anda mengontrol uang masuk dan keluar. Penganggaran mungkin tampak seperti banyak pekerjaan yang harus disiapkan, tetapi memiliki rencana keuangan akan membantu Anda tetap fokus untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Ada teknik penganggaran yang berbeda, masing-masing dengan pendekatan khusus tentang bagaimana Anda menangani uang Anda. Dalam anggaran tradisional, Anda menetapkan sebagian pendapatan Anda untuk pengeluaran, dan apa pun yang tersisa akan disimpan.

Dalam rencana anggaran 50/30/20, Anda mendistribusikan persentase tertentu dari pendapatan Anda ke dalam tiga kategori; kebutuhan, keinginan, dan tujuan keuangan. Misalnya, Anda dapat mendedikasikan 50% dari pendapatan Anda untuk membayar sewa, utilitas, dan bahan makanan (kebutuhan Anda), kemudian 30% dari pendapatan Anda untuk membayar hutang dan melakukan pembelian yang tidak penting, kemudian menggunakan 20% sisanya untuk menabung. terhadap tujuan keuangan Anda. Jika Anda memerlukan template untuk memulai, gunakan alat Anggaran di FinLocker Anda.

Buat Dana Darurat

Mempersiapkan hal-hal yang tidak terduga akan membantu memberikan stabilitas keuangan. Membuat dana darurat akan membantu Anda memiliki uang untuk peristiwa keuangan yang tidak terduga, seperti perbaikan mobil atau rumah atau tagihan medis. Sebaiknya Anda membuat rekening tabungan terpisah yang menghasilkan bunga untuk dana darurat Anda dan mentransfer uang ke rekening itu dari setiap gaji. Menambahkan $20 atau $50 secara konsisten ke dana darurat Anda akan memungkinkan dana tersebut tumbuh, jadi Anda tidak perlu mendapatkan pinjaman pribadi atau menggunakan kartu kredit Anda untuk membayar pengeluaran yang tidak direncanakan.

Turunkan Penggunaan Kartu Kredit

Sangat menggoda untuk melakukan pembelian impulsif pada kartu kredit, terutama jika Anda dapat membelanjakannya sekarang dan berpikir untuk membayarnya nanti. Namun, godaan bisa menjadi masalah jika Anda secara teratur memaksimalkan kartu Anda. Utilisasi kredit menyumbang 30% dari nilai kredit Anda. Jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan skor kredit yang bagus, cobalah untuk tidak menggunakan lebih dari 30% dari batas kredit Anda. Misalnya, jika Anda memiliki batas $2000 pada kartu kredit Anda, dan saldo Anda lebih dari $600, penggunaan kredit Anda lebih dari 30%. Mulailah membayar kartu kredit Anda dengan melakukan pembelian menggunakan kartu debit atau uang tunai, sehingga Anda hanya membelanjakan uang yang Anda miliki.

Berkontribusi pada Tabungan Pensiun

Mengelola uang Anda termasuk berinvestasi untuk masa depan dengan rekening tabungan pensiun. Sebagian besar perusahaan memiliki 401(k) dan Roth 401(k) yang disponsori oleh pemberi kerja, yang memungkinkan Anda menginvestasikan sebagian dari uang yang Anda peroleh, baik sebelum pajak 401(k) atau setelah pajak (Roth). Jika Anda wiraswasta, Anda dapat membuat akun pensiun individu.

Mengelola uang Anda harus menjadi proses yang berkelanjutan, yang perlu Anda tinjau secara teratur untuk melihat kemajuan Anda. Mengadopsi strategi ini dapat membantu Anda meningkatkan kebiasaan keuangan Anda dan memberi Anda lebih banyak kepercayaan diri untuk mengelola uang Anda dengan bijak.